Follow Me

Tuesday, April 6, 2021

SelfD #8: What is my favorite ayat nowadays?

Bismillah.


Ayat favorit itu... selalu berubah.


MFA2018 -- doa nabi Musa, Rabbishrahli sadri. MFA2019 -- Allah tidak ingin menghukummu, QS An Nisa, maa yaf'alullahu bi'adzabikum. MFA2020 -- doa nabi Ibrahim, rabbi habli hukman.


Selain tiga diatas, pernah juga aku nulis alhadid 16-17 sebagai ayat favorit. Hati yang keras, kemudian ayat tentang Allah yang mampu menghidupkan bumi yang mati. Ayat yang penjelasan tentangnya membuatku mencintai hujan. Yang setiap aku merasa hampir berputus asa, kemudian hujan, hujan itu menjadi pengingat agar aku berjuang lagi. Aku cuma perlu lebih banyak "hujan-hujanan", sering-sering mendengarkan ayatNya, membaca surat cintaNya, merenungi dan memikirkan makna dan pesan-pesan di dalamnya.


Ada juga, ayat yang bikin aku semangat baca al kahfi tiap jumat. Ayat yang sekilas cuma pengingat agar tidak lupa membaca lafal in syaa Allah setiap membangun rencana atau berucap janji. Tapi ternyata di dalamnya Allah ajarkan doa, doa untuk siapapun yang kehilangan diri, kehilangan arah, dan sangat-sangat membutuhkan bimbingan dan petunjuk dariNya. Ya Allah bimbing aku, "antarkan aku sampai ke tujuan". Ayat ini juga, yang menyadarkan kita agar tidak membuta karena diliputi perasaan insecure karena terlalu sering membandingkan diri kita dengan orang lain. Ya Rabbana.. 'Asaa ayyahdiyani rabbii li aqraba min hadza rasyada.


***


Dan sekian paragraf di atas, bukan jawaban dari judul postingan ini. Jika aku bertanya pada diri, "what is your favorite ayat nowadays"


Jawabanku, QS Al Baqarah 44-45. Aku pernah menuliskannya, sejak Februari lalu, rasanya aku masih harus terus menerus mengulang ayat tersebut.


Baca juga: Stumble Upon Ayat

**banyak curcol tapi hehe


Aku... semoga aku bukan termasuk yang menyuruh orang lain pada kebajikan, kemudian lupa akan diri sendiri TT


Aku... harus sering-sering tadabbur tentang ayat-ayat terkait topik tersebut. *pengen banget nulis ulang isi video ini, untuk diri sendiri. Ayo... bentar lagi Ramadhan!!



Trus ayat 45-nya.. Aku suka banget, bagaimana Allah "bertanya" tentang kondisi hati yang sakit, kemudian Allah memberitahu kita obatnya. (':


Wasta'inu bishobri washolah. Sabar dan shalat. Sabar di sini.. maksudnya sabar dalam ketaatan dan sabar dalam menghindari maksiat. **pernah baca/denger bahwa sabar itu ada tiga. Sabar dalam ketaatan, sabar dalam meninggalkan/menghindari maksiat, dan sabar dalam menghadapi ujian/musibah. Trus selain sabar, sholat juga akan membantu kita. Banyakin shalat, agar Allah sembuhkan hati yang sakit. Dan shalatnya, bukan shalat yang "sekedar" gerakan fisik. Karena di bagian akhir ayat, diberitahu, bahwa shalat itu berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu'. 


Sebenernya kalau mau dilanjut lagi boleh, cek ayat berikutnya. Tentang ciri orang yang khusyu' dan itu juga obat berikutnya, petunjuk berikutnya dari Allah. Gimana supaya kita bisa belajar dan berusaha agar termasuk orang-orang yang khusyu'. Caranya harus sering-sering mengingat hari akhir, mengingat kematian, mengingat bahwa kita kelak akan menghadap Allah dan kembali kepada-Nya.


Tentang ayat 45, aku jadi keinget penjelasan pilihan kata ista'inu, yang mirip sama kata nasta'iin yang ada di alfatihah. Permintaan tolong ini... artinya, kita udah usaha dulu. Ga bisa kita minta otomatis hati kita jadi bersih lagi, cling, dari kondisi awalnya yang penuh noda hitam, berkarat, mengeras dan hampir mati TT. Kita harus ikhtiar dulu, melangkah dulu sambil berdoa. Ikhtiarnya bisa dengan shalat, dengan banyakin istighfar, dengan begitu banyak hal lain. Termasuk mencari support system dan teman-teman yang berada di sekelilingnya saja, mampu mengingatkan kita pada Allah. Karena kalau sendiri, kita mungkin mudah masuk ke perangkap setan.


***


Terakhir, untukku...



۞ أَتَأْمُرُونَ ٱلنَّاسَ بِٱلْبِرِّ وَتَنسَوْنَ أَنفُسَكُمْ وَأَنتُمْ تَتْلُونَ ٱلْكِتَـٰبَ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban)mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir? [Surat Al-Baqarah (2) ayat 44]


وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَـٰشِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', [Surat Al-Baqarah (2) ayat 45]


Allahua'lam.


***

PS: Punya ayat favorit yang ingin dibagikan cerita dan maknanya? Boleh banget ikutan program My Favorite Ayat 2021-nya NAK Indonesia. Cek infonya di bawah ini..




Keterangan :

Tulisan ini termasuk rangkaian 30 tulisan mengenal diri.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya