Follow Me

Monday, June 11, 2012

OSKM - Bentuk Kaderisasi Untuk Mahasiswa Baru

Bismillah..
-sebuah opini-

OSKM, PROKM, INKM, deretan nama di sebelah kiri tadi adalah sebuah kegiatan tahunan yang menyambut kedatangan calon mahasiswa baru ITB.

 Bersifat Kaderisasi

Kegiatan ini (baca: OSKM) sifatnya kaderisasi, meng-kader, menghasilkan kader. Dari hasil googling acak.. kaderisasi adalah segala upaya yang dilakukan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mendukung dan menjalankan roda organisasi. Nah, untuk OSKM.. organisasi yang dimaksud adalah Kemahasiswaan ITB (KM ITB).

Masa Orientasi

Seperti halnya MOS (Masa Orientasi Siswa) yang pernah di dapatkan di SMP maupun SMA, OSKM identik dengan masa orientasi alias pengenalan dunia kemahasiswaan. Secara, ada perbedaan yang cukup besar antara dunia ke-siswaan dan ke-mahasiswaan. Jika sebagai siswa tugas kita hanya belajar, sebagai mahasiswa ada tridharma perguruan tinggi yang harus dipenuhi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat).

Di OSKM, kita dapat apa aja sih?

 
 image taken from this

Dari pendapat seorang kakak senior (*lingkar wacana saat PLO), sebenarnya apa yang kita dapat di OSKM itu tergantung individu masing-masing. Yang menjalani OSKM sekedar formalitas, maka yang ia dapat ya sekedar lelah dan bosan. Yang menjalani OSKM dengan penuh semangat mencari ilmu, insya Allah pasti ada kok ilmu dan hikmah dari kegiatan OSKM ini. Sedangkan, bagi menjawab pertanyaan teman saya 'Kak, kok saya ngerasa nggak dapet apa-apa di PROKM', si Kakak juga menjelaskan bahwa kegiatan PROKM merupakan trigger (baca: pemicu) untuk mahasiswa baru agar ikut berkegiatan di KM, Unit, atau kegiatan lain yang didalamnya ada kaderisasi. Bahkan, menurut si Kakak, ia juga baru merasakan kaderisasi yang sebenarnya saat ia menjadi panitia PROKM.

Panitia OSKM 2012

Dari kabar yang saya dengar (*insya Allah terpercaya), angkatan 2011 yang mendaftar menjadi panitia OSKM 2012 berjumlah 2000 lebih, mencapai 2/3 dari massa 2011. Wow.. jumlah yang sangat besar menurutku. Tapi, sebuah kewajaran sih.. mengingat kepanitian OSKM bukan sembarang kepanitiaan, mengingat massa mahasiswa baru yang banyak juga.

Mereka yang mendaftar menjadi panitia OSKM 2012 memiliki alasan masing-masing. Mulai dari yang memang diwajibkan oleh jurusan/fakultas mereka, yang benar-benar ingin mencari pengalaman baru, sampai.. yang hanya mengikuti arus 'hampir semua temenku ikut OSKM, masa aku enggak?'. Begitu pula yang tidak mendaftar (*included me), pasti ada alasan tersendiri.

Terakhir.. himbauan untuk 2011,

Yang mendaftar kepanitiaan OSKM, ayoo luruskan niat. Jangan sampai hanya sekedar penggugur kewajiban, atau sekedar menambah kenalan. Ada banyak ilmu dan pengalaman yang bisa kamu raup. Amal itu berdasarkan niatnya, kalau bisa kenapa tidak kau niatkan ini untuk Allah. :) Ia-lah sebaik-baik pemberi ganjaran..

Yang tidak mendaftar kepanitiaan OSKM, ayoo isi liburanmu dengan kegiatan yang produktif. Maksimalkan birrul walidain (baca: berbakti kepada Orang Tua). Ikuti kepanitian lain, PMBO misalnya (*promosi), IMSS, P3R. Pokoknya, jangan sampai waktumu terbuang sia-sia, sekedar berleha-leha tanpa meraup pahala dariNya.

Wallahu'alam.

 closing PROKM 2011 (image taken from this)

*ini opiniku tentang OSKM, mau tau opini tentang OSKM dari Ketua OSKM-nya langsung? Lihat di sini.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya