Follow Me

Monday, June 18, 2012

Singa, Tali, Sumur, Madu

-muhasabah diri-

Bismillah


The life must go on. Hitungan amal terus berjalan.
Saat ajal tiba, semoga husnul khotimah.
-- Cahaya

***

Ini tentang hidup dan mati. Ya, tentang kehidupan dan kematian. Saat Rasul bersabda, orang yang paling cerdas adalah ia yang paling sering mengingat kematian, bagaimana dengan kita? Wahai yang dadanya berdesir halus saat di sebut putra-putri terbaik bangsa. Wahai dirimu yang merasa cerdas, sudah berapa sering engkau mengingat kematian?

Benarkah kau kejar dunia untuk akhiratmu? Ataukah ia sudah bengkok? Setan menyerang kita dari berbagai arah, jika ia tak bisa menyerangmu dari belakang dengan membuatmu melupakan akhirat. Maka ia akan menyerangmu dari depan agar kau hanya fokus pada dunia.

Wahai yang berjiwa, yang hidup? Ingatkah diri bahwa akan tiba saatnya ajal menjemput? -.-
Apakah amal ibadahmu sudah cukup untuk menghadapi "hari itu"?

"Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan." (45:28)

Kematian itu sangat dekat. Tak ada yang tahu, tak ada yang menjamin, 15 detik ke depan penulis masih hidup atau tidak.

ijinkan saya mengutip sebuah kisah dari sebuah video yang pernah saya tonton :

Suatu hari, seorang manusia berlari terengah-engah. Di belakangnya terlihat seekor singa mengejarnya. Karena tergesa-gesa, ia terperosok ke dalam sumur. Beruntung ia masih sempat memegang sebuah tali, sehingga ia tidak jatuh ke dasar sumur yang di dalamnya ada ular besar. Ia bergelantungan, tak bisa lagi kemana-mana. Tak cukup sampai di situ, ternyata ada dua ekor tikus, tikus putih dan tikus hitam yang menggigiti tali yang ia pegang. Ia tak bisa lagi berkutik. Tapi sebuah sarang lebah yang sedang ditinggal penghuninya menarik perhatiannya. Dengan hati-hati ia memasukkan jarinya ke dalam saran lebah tersebut, kemudian menghisap madu yang melekat di jarinya. Sarang lebah itu,.. madu itu.. membuat ia lupa akan singa yang menanti ia di atas sumur, membuat ia lupa akan ular di dasar sumur, lupa akan tikus putih dan hitam yang terus menggigiti tali tempat ia bergelantungan.

Itulah pengibaratan manusia.
Tali adalah hidupnya,
sedangkan singa adalah kematiannya,
ular di dasar sumur adalah kuburannya,
tikus putih dan hitam adalah siang dan malam,
dan madu adalah dunia.


Wallahu'alam bishowab

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya