Follow Me

Friday, June 22, 2012

Sholat Dulu Ka!


-muhasabah diri-

Bismillah..

Dan ia dengan wajah innocent-nya tersenyum dan menjawab, “Sholat dulu Ka”. Dan aku yang sepintas saja mendengar kata-kata itu, jujur, tidak bisa tidak kagum pada keputusan yang ia buat di antara pilihan yang ada.

***

Ini tentang komitmen sholat di awal waktu. Tentang toleransi sholat tidak di awal waktu. Tentang, betapa panggilanNya jauh lebih mesra dan membuat kita seharusnya meninggalkan aktivitas apapun, dan segera menemuiNya, kala adzan.. mengetuk lembut gendang telinga.

Hari itu, kami istirahat 'dikawal'. Istirahat, namun masih berasa berada di dalam satu rangkaian acara. 'Dipaksa' untuk saling menunggu dan melakukan aktivitas istirahat (baca: sholat dan makan siang) bersama dengan kelompok masing-masing.

Dan di sinilah komitmen diuji. Ya, komitmen sholat di awal waktu.

Maka beruntunglah ia, yang bisa menggenggam erat komitmennya. Tanpa sungkan, memisahkan diri dari barisan yang berjalan tidak menuju ke masjid, padahal beberapa menit lagi adzan akan terdengar merdu.
Maka beruntunglah ia, yang insya Allah hatinya terjaga, langkahnya diridhoi, harinya diberkahi. Karena ia lebih memilih untuk menemuiNya, ketimbang sekedar mengikuti kebanyakan orang.

Maka beruntunglah si penulis, karena jika saja ia diharuskan memilih pada saat itu. Bisa jadi ia tak bisa menggenggam erat pilihannya. Bisa jadi, ia mengikuti kebanyakan dari mereka. :'( Padahal alibi 'tidak enak' menolak, tidak diterima jika ini berurusan dengan Allah.

Hei dirimu! Ya, dirimu! Yang sedang mengetik huruf demi huruf! Takutlah engkau kepada Allah! Sungguh IA Maha Besar! Maka tak pantas jika lebih kau pentingkan yang lain, padahal Allah JAUH LEBIH penting dari mereka. Dan Allah menegurmu lewat sosok di atas. Dan adakah dirimu mengambil pelajaran? Atau sekedar terkagum tanpa memetik hikmah?



Wallahu'alam.

2 comments:

  1. Alhamdulillah, terima kasih buat tulisannya... sesama muslim memang harus saling mengingatkan ^^

    ReplyDelete
  2. :)) Sama-sama^^ semoga bermanfaat..

    ReplyDelete

ditunggu komentarnya