Follow Me

Wednesday, June 26, 2013

Kesempurnaan Al Quran


Bismillah..
kalau sebuah kitab suci memiliki satu saja bagian yang tidak masuk akal, maka tidak layak disebut kitab suci karena kemungkinannya cuma satu, yaitu buku/kitab tersebut bukan langsung dari Tuhan. Karena Tuhan sempurna, maka perkataan Tuhan pun harus sempurna.(dikutip dari blog teman)
Aku menyernyitkan dahi. I don't think so..

***

Hanya ingin berkomentar. Maaf, somehow.. lebih suka menulis di sini ketimbang di kotak komentar di sana. Hehe.

Adalah benar... bahwa sebuah kitab suci, haruslah sempurna. Karena apa? Karena yang menurunkannya adalah Allah.. Tuhan Semesta Alam. Kitab-kitab sebelum Al Qur'an, sebut saja Injil, Zabur, Taurat... mereka juga sempurna, sempurna untuk umat dan zaman saat mereka diturunkan. Sedangkan Al Quran? Al Quran diturunkan untuk menyempurnakan lagi kitab-kitab terdahulu. Sempurna, untuk semua umat manusia, hingga nanti.. sangkakala ditiup.

Namun.. apakah kesempurnaan dihitung lewat akal manusia? Apakah ketika ada satu bagian saja, yang tidak masuk akal manusia, menjadikan ia tidak sempurna? Apakah karena Al Quran menerangkan tentang hari akhir, dan kehidupan setelah kematian.. yang secara logika dan akal kita, tidak akan masuk. Apakah itu menjadikan Al Quran tidak sempurna? Sungguh.. kesempurnaan Al Quran tidak pernah bisa diukur hanya perihal 'masuk akal' atau 'tidak masuk akal'.

Al Quran sempurna. Titik. Memang diperlukan keimanan agar kita mampu mengakuinya. Tanda-tanda kebesaranNya sudah Allah tunjukkan, pertanyaannya maukah kita percaya? Tanda-tanda bahwa Al Quran adalah kalamullah, sudah Allah tunjukkan. Lewat fenomena alam yang tidak manusia ketahui, namun sudah tertulis di sana. Sebut saja embriologi, atau teori big bang, atau mayat firaun yang memiliki kadar garam begitu tinggi, dll. Pertanyaannya, adakah setelah tampak jelas tanda-tanda itu, kita mau percaya? Atau kita justru sombong, tidak mau menerima kebenaran.

Sungguh.. Al Quran itu sempurna. Walaupun mungkin, ada bagian-bagian yang tidak masuk akal kita. Bagian yang tidak masuk akal itu, bukanlah tanda bahwa Al Quran tidak sempurna. Itu adalah tanda, bahwa otak kita, akal kitalah yang tidak sempurna. Ada hal-hal yang tak bisa dijangkau oleh akal kita. Ada hal-hal yang baru bisa dimengerti seratus tahun yang akan datang, oleh generasi penerus kita.

Well. Al Quran is Perfect. Because it is Kalamullah. Allah sent it to us, to be manual guide of humans. Al Quran is Perfect, though maybe for now.. we can't understand all the content of it.

***

Selamat beriman kepada Al Quran. Semangat mempelajari Al Quran. Selamat terkagum dan tertakjub.

Faqolu.. inna sami'na quranan ajaba..
Lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Quran yang menakjubkan,
(Ucapan Jin dalam QS Jin ayat pertama)

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya