Follow Me

Monday, October 9, 2017

Tiga Jenis Air Mata

Bismillah.

#beberesdraft

Singkat saja ya, ada tiga jenis air mata yang aku kenali, mungkin kamu juga mengenalinya.

Air Mata Kesedihan

Air mata yang mengalir karena perasaan dan emosi negatif. Sedih, sesal, khawatir, takut.. dan perasaan negatif lainnya yang mungkin begitu menyita hatimu sehingga matamu terpaksa dipenuhi air mata, kemudian berlinanglah.

Air Mata Bahagia

Air mata yang mengalir karena perasaan dan emosi positif. Terharu, bahagia, merasa dicintai, dan perasaan positif lainnya, yang memenuhi hatimu sehingga senyum tidak bisa mengekspresikan perasaan positif yang meluap-luap tersebut, matamu akhirnya ikut unjuk diri, memenuhi dirinya dengan air mata, kemudian terjun dan mengalirlah.

Air Mata Lacrima

Tidak ada emosi atau perasaan yang terkait, hanya salah satu bentuk refleks biologis kita. Saat mengantuk, saat kelilipan, saat matamu kering, dan saat-saat lain, saat tubuhmu mendeteksi bahwa matamu perlu dibasahi lacrima (air mata).

***

People may say, actually, there's also one tears except those three mention above. *latihan bahasa inggris ditulisan lain aja Mba hehe.

Mungkin dari salah satu pembaca ada yang ingin menambahkan jenis mata air buaya eh air mata palsu. Tapi bagiku, air mata buaya termasuk air mata lacrima. Saat buaya menggigit mangsanya, matanya menjadi berair, bukan karena ia sedih dan kasihan terhadap mangsanya, namun karena efek biologis saja, kelenjar air matanya tertekan sehingga matanya basah. Mohon koreksi kalau ada yang salah. 

***

Aku menulis ini sebenarnya karena dulu sedang ingin sekali menulis tentang qurotta a'yun, definisi dan penjelasannya. Sekaligus sedang, dan masih galau, tentang bagaimana caranya menjadi anak, yang bisa membuat mata orangtua "dingin". Aku masih perlu banyak belajar tentang ini. Semoga kita termasuk hamba Allah yang bisa melaksanakan perintah Allah dalam quran-Nya, untuk berbakti kepada orangtua. Aamiin.


Allahua'lam.

PS: Sejujurnya aku sebel pada diri, saat membuka draft ini. Ingin aku protes pada diriku sendiri "Apaan? Ini draft? Cuma judul dan kata bismillah?" wkwkwk. Tapi alhamdulillah ada kata bismillah dan judul, setidaknya lebih baik dari sekedar lembar kosong.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya