Follow Me

Tuesday, October 31, 2017

EMC; Enjoy Menulis Club

Bismillah.


Berawal dari grup Rumpun Aksara, lalu aku dapat link grup Serdadu Aksara, lalu aku dapat link grup Enjoy Menulis Club (EMC).

Grup EMC, semacam club menulis. Diminta isi formulir, isinya nama, domisili, minat menulis (buku non fiksi, essay/artikel, cerpen, novel). Lalu ada konfirmasi sudah mengisi formulir, lalu ada juga daftar perkenalan. Saya cuma isi konfirmasi mengisi formulir, merasa tidak perlu memperkenalkan diri hehe *bandel. Karena format konfirmasi dan perkenalan diri copas, jadi grup penuh dengan chat redundan. Ya, seperti itu.

Selasa malam, pekan kemarin ada materi di grup Serdadu Aksara, tentang menulis di penerbit Indie, yang mengisi Teh Novie. Qadarullah, rabu malam saya buka grup EMC, dan menemukan tugas pertama. Saya kira.. tugasnya itu, follow up dari materi di grup Serdadu Aksara hehe.

Tugasnya perkenalan diri, minimal 300 kata, dikirimkan ke email EMC, batas waktunya 1x24jam setelah tugas release. Karena memang niat saya ikut banyak grup menulis, adalah untuk mencari tempat yang mengingatkan dan menyemangati saya menulis dan belajar nulis, saya kerjakan tugasnya. Alhamdulillah sebelum tenggat waktu sudah dikirim. Judul tulisan yang saya kirim, "Jalan Menulis Isabella Kirei". Diberi feedback dan 'nilai' ahad kemarin.

Kelanjutan dari tugas 1, adalah mengedit tulisan yang sudah diberi feedback, kemudian membagikannya ke sosial media, diberi hastag, lalu share link ke grup EMC. Saya jujur saja, sejak perintah ini muncul di grup, rasanya ingin sensi, ingin keras kepala, ingin protes, dan hal-hal lain, sensiMe pokoknya. Tapi akhirnya siang ini tulisan sensi tersebut saya hapus. Saya memutuskan ingin menuliskan ini saja.

Saat ini saya sedang dalam keadaan superreaktif, seperti anak kecil, childish, halu-a. Saat ini saya sedang merasa banyak bertengkar dengan diri sendiri, tentang keinginan aktif di sosmed, namun juga keinginan untuk berhenti dan tidak posting apapun di sosmed. Saat ini, saya sedang ingin introvert menulis untuk diri sendiri saja, namun juga ingin ekstrovert membagikan tulisan.

Tugas pertama itu.. saya dengan senang hati mengerjakannya. Saya ceritakan tentang diri, tentang jalan menulisku, dengan mindset bahwa yang membaca tulisan tersebut hanya saya, dan orang-orang yang berada di balik email EMC. Rasanya berat, dan mungkin saya tidak akan rela jika tulisan tersebut saya posting di sosmed, termasuk di blog ini.

Saya ingin meminta maaf, atas sikap saya yang tidak kooperatif ini. Maaf, karena saya tahu niatnya baik, namun saya tidak mau diajak kerjasama. Saya tahu saya harus belajar tumbuh dan berkembang, namun saat ini saya sedang begitu reaktif.

Izinkan saya menjadi anggota yang tidak baik di EMC. Yang berusaha mengerjakan tugas, namun tidak selalu mengikuti instruksi admin. Saya akan menulis tentang EMC di sini, dengan hastagh #enjoymenulisclub. Saya sementara belum akan membagikan link blog/sosmed saya ke grup, juga belum akan memperkenalkan diri di sana. Maaf.

***

I'll try to enjoy joining EMC, try to do every task given there. But if there's instruction that I can't enjoy, let me step back a little. My bad, I apologize for that.
enjoy!

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya