Follow Me

Wednesday, October 11, 2017

Caption

Bismillah.

#random

Kata/kalimat penjelas yang biasanya dituliskan setelah sebuah gambar, poster atau ilustrasi. Itu definisi dari Kamus Oxford.

***

Bagiku, menulis caption itu.. terkadang mudah, namun tidak jarang susah. Kalau sedang mood, cari gambar untuk di sisipin di tulisan di sini, biasanya, membuat caption itu mudah. Setelah diberi caption, tinggal dihubungkan ke pranala sumber gambarnya.

Bagiku, menulis caption itu.. terkadang mudah, namun tidak jarang susah. Caption sebuah acara, biasanya kalau mau cari gampang, tinggal copas info dari poster jadi teks, ditambahkan kata -kata pngajak, agar memotivasi pembaca untuk mengikuti acara. Done. Jangan lupa, CP (Contact Person) dari acara. Menurutku pentingnya caption dari poster sebuah acara adalah CP-nya, memudahkan pembaca yang ingin ikut untuk menghubungi CP, tanpa perlu menghafal nomer CP yang tertera di poster.

Bagiku, menulis caption itu.. terkadang mudah, namun tidak jarang susah. Seharusnya mudah, kalau kita hanya perlu menuliskan apa yang ada di gambar, apa yang ada di ilustrasi. Tapi memang menjadi susah, kalau kita juga ingin menuliskan behind the scene, curhat mengapa gambar/ilustrasi tersebut yang kita pilih.

Dua kali, akhir-akhir ini menulis caption entah mengapa sulit. Bahkan sekedar untuk memberitahu orang lain, dimana lokasi foto yang aku ambil tersebut saja, ... sulit. Mengeja tempat itu sulit, padahal itu hanya nama sebuah jalan, atau nama sebuah taman. Sulit. Aku tahu diri ini suka bercerita tentang diri. Kalau sudah disebutkan, aku takut aku justru meneruskannya, menjadi sebuah cerita panjang. Bukan sekedar dimana foto tersebut aku ambil, tapi juga bagaimana perasaanku saat mengambil foto tersebut, mempublish foto tersebut mengingatku tentang apa, dan seterusnya, dan seterusnya. Pada akhirnya aku memilih mendeskripsikan semua itu dengan deretan titiktitiktitiktitik, bukan dengan huruf, dengan simbol. ..........

***

Random ya isinya? Cuma curhat ya? Ada yang mau buatin saya artikel tentang caption yang bermanfaat? Misal tips membuat caption? Panduan membuat caption yang baik dan benar? Atau.. apa ya?

Menulis ini mengingatkan aku pada suatu tulisan. Aku tidak ingat, dari blog mana, jenis tulisannya fiksi atau non fiksi, entah ini situasi dalam cerpen, atau situasi yang pernah penulis alami. Jadi setting-nya di rumah makan, rekan kerja makan siang bersama. Salah satu laki-laki di meja tersebut bertanya pada rekan kerja perempuan, apa yang dipikirkan perempuan saat mem-publish foto di jejaring sosial dengan caption yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan fotonya. Sang laki-laki benar-benar berniat bertanya, karena penasaran dengan cara berpikir perempuan. Tapi yang ditanya, justru sensi, merasa disindir, dan akhirnya pergi meninggalkan setting.

Aku saat itu, membaca tulisan itu dibuat tersenyum. Teringat akan diri sendiri yang begitu sensi. Mungkin aku juga akan seperti itu hehe. Tapi karena sudah membaca tulisan itu, kalau nanti situasi yang mirip aku alami, mungkin aku tidak akan sensi, mungki aku bisa menjawabnya dengan kalem, semoga hehe. Oh ya, kalau ada yang tahu darimana saya baca itu, tolong kasih tahu ya. Saya beneran lupa.

Mungkin aku akan menjawab, karena perempuan saat melihat foto sebuah tempat misalnya. Yang ia pikirkan bukan sekedar nama tempat dan lokasinya. Ia mengingat banyak hal lain, misalnya kapan ia kesana, dengan siapa, situasinya gimana, persiapan sebelum berangkat, disana ngapain aja, habis itu kemana, perasaannya saat itu, perasaannya saat ini, dll dst. Dan semua hal yang ada dipikirannya ingin ia tuliskan. Atau mungkin ia memang punya begitu banyak simpanan kutipan bagus, yang ia stok untuk jadi caption foto-fotonya. Bukan karena nyambung atau ga nyambung, ia cuma ingin saja menghias foto yang ia publish dengan kalimat/kata yang indah, yang memotivasi.

Dan jawabanku diatas, mungkin lebih banyak salahnya. Karena jujur aku sendiri tidak tahu dan masih sering bingung dalam membuat caption.

***

Terakhir, ada kuis nih! Kalau kalian melihat foto dibawah ini, menurutmu caption apa yang cocok? Tulis di komentar ya?

..........
Hadiah kuisnya apa, nanti dibahas bareng-bareng kalau beneran ada yang komen hehe.

Semoga kita termasuk orang-orang yang Allah ilhamkan untuk berdoa kepada-Nya. Aamiin.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya