Follow Me

Sunday, October 29, 2017

Pilar yang Tidak Seharusnya Bergeser

Bismillah.
-Muhasabah Diri-

Bukan pilar yang seharusnya bergeser, tapi kamu, yang seharusnya bergeser. Tentang shalat yang seharusnya menjadi pilar hari kita. Tidak mudah memang, menjadikan shalat sebagai pilar sebagaimana pilar bangunan. Kokoh, berdiri tegak di tempatnya. Bukan shalat yang menyesuaikan jadwal harian kita, tapi kita yang menyesuaikan jadwal shalat.

Berat rasanya menulis ini....

Deskripsi orang-orang yang shalat di surat Al Ma'arij yang pertama adalah alladzinahum fii shalatihim daa-imun. Konsisten di sini maknanya tidak hanya dilaksanakan lima waktu, namun juga konsisten waktunya, tidak bergeser.

Ibarat pilar, kita tidak bisa memaksakan maju terus kalau ada pilar di hadapan kita, kecuali kita memang mau merasakan sakitnya menabrak tiang hehe. Bukan pilarnya kita dorong, biar kita bisa maju terus pantang mundur. Tapi kita yang harus berputar, sedangkan pilar tersebut tetap tegak di tempatnya.

Apa yang akan terjadi, kalau pilarnya kita hancurkan, atau kita pindah-pindah seenaknya? Bangunannya akan rapuh, bahkan bisa roboh. Shalat adalah pilar iman kita. Ketika kita tidak menjadikannya konsisten (dilaksanakan 5 kali, dan di awal waktu shalat), maka iman kita akan rapuh, bahkan bisa hancur. Kalau iman kita rapuh atau hancur, efeknya apa ke hidup kita? TT Hidup kita juga pasti jadi berantakan. Kalaupun ga berantakan, bisa jadi bukan nikmat yang Allah beri, namun istidjraj. *maaf kalau salah istilah/penulisannya.

Terakhir.. kalau kita menyatakan diri peduli akan islam, ingin membantu dakwah islam. Maka yang harus kita perbaiki lebih dahulu adalah shalat kita, shalat wajib kita, lalu disusul shalat sunnah kita. Terutama shalat shubuh, shalat isya, dan juga shalat malam kita.

***
PS:

Ditulis untuk diri ~
Sebenarnya berat nulisnya, inginnya disimpan rapat-rapat saja untuk konsumsi diri. Tapi semoga dengan ditulis di sini bisa jadi manfaat untuk orang lain.

Oh ya, isi dari tulisan ini, sumbernya dari penjelasan ustadz Nouman, videonya lupa yang mana, yang jelas merupakan potongan dari video full Night of Inspiration. Kalau ada yang tahu versi pendeknya, yang isinya saya tulis di sini, bagi-bagi link ya. Biar bisa saya taruh di sini video-nya.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya