Follow Me

Monday, June 4, 2018

Report, Ask For Help First

Bismillah.

Beberapa hari yang lalu saya hampir membuat keputusan yang salah. Reaktif, karena sebel, gatau alasan kenapa ada masalah di sini dan di sana. Niat curhat di sini juga, udah ada draft-nya berjudul, should I wave goodbye? wkwkwk. Alhamdulillah, mungkin karena Ramadhan, Allah membuatku ga reaktif, tulisannya masih di draft, dan aku ga jadi 'wave goodbye', aku akhirnya memilih untuk report problem, and ask for help first. *maaf atas bahasa yang campur aduk.

***

Aku lupa terhitung berapa pekan, sejak profil akun mediumku tidak bisa diakses publik. Kalau login, bisa aja akses. Tapi tanpa login, ga bisa. Gatau kenapa. Saat itu sempat heran, apa aku ngelanggar privacy and policy dari medium, sampai akunku suspended? Hmm. Trus aku biarin aja deh. Toh jarang aku pakai akun mediumnya. Sampai beberapa hari lalu, aku buka medium, gatau kenapa sebel. Aku cari menu help, bisa report problem, mengisi alamat email, alamat medium, dan problem-nya. Beberapa menit kemudian, masuk email, dari robot, yang mengabarkan kalau pesanku sudah diterima. Kemarin ada balasan, akunnya sudah bisa diakses, ada kesalahan ceunah, dikira spam. Hm.. ok. Fine.


Dari situ... Allah sepertinya ingin menitipkanku hikmah. Punya masalah Bel? Jangan ditinggalin terlalu lama, jangan cepet nyerah, jangan juga ambil keputusan asal karena emosi reaktif. Apa susahnya sih? Mencoba cari solusi, kalau ga bisa, ya minta bantuan. Ga ribet kan? Toh kamu bukan pengguna internet newbie, bukan orang yang ga bisa bahasa inggris, kamu bisa komunikasi, tell someone your problem, ask them for help. See? It's not as hard as you think. Bisa jadi... masalah medium ini, bukan cuma tentang medium. Kamu jadi berpikir kan? Kamu harusnya jadi bisa ambil hikmah kan?

Satu problem selesai. Sekarang tinggal berdoa, semoga yang kedua selesai juga. Meski ga yakin bisa dalam waktu cepat. 

Yang kedua, note fb setahun yang lalu. RI#6, tulisan terakhir padahal, yang ingin kusalin ke sini. Tapi sudah berhari-hari coba akses ga bisa. Tulisannya sih, "Sorry something went wrong. We are working on it and we'll get it fixed as soon as we can." Tapi setelah sekian kali coba akses ga bisa, dan perasaan ga nyaman muncul, akhirnya aku report problem lagi. Latihan minta bantuan lagi. As if Allah really train me. If asking a little help to people hard, you can ask help to machine first. hehe. 

Untuk masalah yang kedua, agak nyesel sih, kenapa ga ada back up tulisannya. Atau ada? Tapi aku lupa naruh dimana? Ramadhan tinggal hitungan hari, kalau tulisan itu ga bisa diakses juga, mungkin memang takdirnya begitu. Tapi... mari berbaik sangka. Who knows? Siapa tahu, Allah mengizinkan, dan somehow, someway, note fb itu bisa diakses, dan bisa disalin isinya ke blog ini. 

***

Mungkin akan ada beberapa hal lain yang bisa aku ambil dari kejadian ini. Nanti aku update, in syaa Allah kalau udah ada progres dari masalah kedua.

Sekian. Allahua'lam. 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya