Follow Me

Sunday, June 3, 2018

Teman Bacaku : GMIB dan Generasi Al Fihri

Bismillah.
#random

Pertama, alhamdulillah Allah berikan tempat, komunitas untuk menemaniku membangun lagi kebiasaan membaca buku.


GMIB, Gerakan Membaca by RDK


25 halaman per hari idealnya. Setiap selesai baca buku, harusnya setor satu tulisan boleh resensi, review/ulasan, tulisan bentuk lain. I submit nukil buku, Revive Your Heart dan Life-changing Magic of Tidying Up. Masih hutang dua tulisan untuk dua buku lain. Hmm

Grupnya ga terlalu aktif, aku masuk grup akhawat 2. Yang rajin banget, baca dan lapor setiap hari ada satu orang. Seorang ibu, yang ingin anak-anaknya hobi baca, jadi meski repot ngurus bayi, selalu ngeluangin untuk baca buku.

Sebelum gabung GMIB aku memang sudah meragu, how to read 25 pages a day? Bahkan nawar juga ke adminnya hehe. Seperjalanan, sering bolos ga baca, bisa dihitung hari, saat bisa baca 25 halaman. Sisanya paling cuma baca sedikit banget. Sebenarnya ragu untuk bertahan di grup, malu lah, tapi mau gimana lagi, kalau ga ada grup itu, ga ada yang ngingetin aku untuk baca. At least, dengan ga left grup, setiap grup itu up, aku jadi inget, hari ini aku belum baca buku. 

Konsep yang aku suka dari GMIB, adalah bebas ganti buku. Jadi bisa lapor baca buku lebih dari satu. Aku yang tipenya bosenan, bisa sehari baca buku A, besoknya baca buku B.

Di grup ini dihitung akumulatif halaman yang dibaca. Kemarin, aku baru nyadar, meski cuma beberapa pekan (2 bulan ada ga ya?), karena GMIB kebiasaan membacaku beneran bisa dipupuk. Kalau mau ngaku sih ya.. sebenernya baca sehari 25 halaman itu ga berat. Baca sekali duduk juga ga berat, bisa pengantar tidur. Yang berat itu memulainya. Kalau udah memulai, paksain diri baca tiga-lima halaman, dapet flow-nya, bisa ngalir dan tanpa sadar, eh udah 20an halaman. Tapi kalau males sih ya, kata ibuku, yaudah wkwkwk. Balik lagi ke motivasi, kalau niatnya cuma mau laporan, baca 25 halaman itu sulit, baru baca beberapa lembar, udah berhitung halaman. Duh, payah. 

Generasi Al-Fihri by MPI Akhwat 


Awal ikutan generasi Al Fihri kerasa banget, ini downgrade namanya, bukan upgrade. Ya... secara GMIB itu standarnya minimal 25 halaman, Gen Al-Fihri standarnya minimal 3 halaman per hari. Jadilah konflik. Apa ga perlu keluar? Salah sih, gabung karena ingin coba-coba hehe. 

Tapi setelah jalanin agak lama, sekitar sebulan kurang beberapa hari. Aku inget banget lah, pertama ikutan pas tgl 4 Mei. Trus baru laporan sehari, habis itu bolos beberapa hari sekaligus. Salah sendiri sih, maksain ikutan padahal jelas-jelas lagi safar. Bukunya ga dibawa tiap kemana-mana.

Bedanya sama GMIB, di Gen Al Fihri ada sistem kartu kuning kartu merah. Setiap berhalangan/ga lapor jadi poin untuk bisa dapet kartu kuning, bahkan kartu merah. Aigo.. jadilah.. disiplinnya naik. Kalau di GMIB aku beneran bandel dan semood-nya aja baca dan lapor. Di Gen Al Fihri ga bisa kaya gitu hehe. 

Ada grup sharing juga, bisa ngobrol. Oh ya, ada jadwal nulis resume juga. Digilir tapi. Lima pekan sekali. Dan tahukah? Aku dapet giliran di pekan pertama, pas perjalanan pulang ke Purwokerto diingetin untuk kirim resume. Yaudah bolos. Ga kondusif banget harus buat resume, dengan sisa energi yang tersisa tgl 6 lalu. Tapi aku akhirnya buat tulisan buku kenangan sih hehe. 

Oh ya, lewat grup Al Fihri ini aku jadi bener-bener belajar numbuhin habit baca tiap hari. Tiga lembar itu sedikit kan? Cocok lah untuk diriku yang masih cupu urusan baca. Trus ya, aku baru nyadar perbedaan unit hitungan really matters. Kaya kamu disuruh lari 600 meter, jauh kan ya? Coba kalau disuruh lari 1/2 km? eh? Salah ya contohnya. Pokoknya, aku ngerasa tiga itu angka kecil, dibandingkan kalau unitnya diganti halaman (6 halaman) berasanya besar. Padahal itu kalau menurut orang lain sedikit banget ya? hehe. Yaudah sih, beda level. hehe. 

Ada PJ laporan juga, jadi kalau udah mepet batas waktu laporan, aku belum lapor nih. Ada yang japri dengan nada lembut khas ukhti-ukhti hehe, ngingetin untuk baca dan tulis laporan di grup. Saat giliranku, juga rasanya lebih dekat sama member lain karena jadi japri mereka untuk ngingetin.  Trus enaknya lagi... aku masuk grup dua, yang anggotanya baru 6 orang. jadi kan berasa ekslusif hehe. 

***

Punya temen membaca itu menyenangkan, terutama karena aku belum terbiasa membaca tiap hari. Minat bacaku juga masih naik turun. Beda jauh, aku yang dulu (jaman SMP-SMA) sama aku yang sekarang.

Apa perlu punya temen baca? Tergantung setiap orang. Ada yang bisa memulai kebiasaan membaca sendiri, mandiri, tanpa teman pun ga masalah. Karena mungkin komitmennya sudah tinggi. 

Ada side effectnya juga sebenernya gabung di grup yang fungsinya laporan kaya gini. Kamu jadi harus sering bertanya tentang niat dalam hati. Ketakutan kalau baca cuma karena laporan. Kesannya show off ga sih? Semacam itu. Apalagi aku gabung di dua grup, hehe. Berasanya, ih bacanya segitu doang, kok lapor ke dua grup, ga malu? Malu, tapi aku ngerasa masih butuh temen baca. Meski terkesan double-double untuk saat itu, aku masih ingin menetap di dua grup tersebut.

Oh ya, ada perbedaan sih sedikit. Gen Al Fihri wajib baca satu buku, diselesaiin dulu, baru boleh pindah buku. Selain itu, topiknya juga cuma buku islam. Aku paham sih kenapa, karena pencetusnya anak-anak MPI (Mahasiswa Pecinta Islam). Pendaftaran grup ini juga ga dibuka untuk umum. Qadarullah aku masih bergabung di grup MPI Bandung akhawat jadi bisa dapet info tentang Gen Al Fihri. Kalau GMIB sudah tahu kan ya? Bukunya bebas, fiksi-non fiksi, bahkan katanya buku mata pelajaran juga boleh hehe. Visinya juga lebih luas, untuk Indonesia yang Berilmu? Bener ga ya? Lupa. (yang benar, untuk Indonesia Berkeilmuan)

***

OOT. Ada satu grup lain, bukan komunitas membaca padahal, awalnya projek menulis Ramadhan gitu. Tapi tahun ini ga ada. Tapi... ada yang beberapa posting ulasan buku. Ini ghibah bukan ya? Hehe. Intinya suka aja, jadi inget aksara dan majelis bukunya. Jadi bisa baca ulasan buku, tahu isinya, bisa ambil sedikit ilmunya. 

***

Sudah itu saja. Maaf random. Sekian. 

Semangat membaca, semangat menulis~


No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya