Follow Me

Wednesday, June 6, 2018

RI #6: Bukan Kesempurnaan

Bismillahirrahmanirrohim.




Sebuah tadabbur dan penjelasan singkat tentang ayat 2 surat Al Mulk oleh Ustadz Nouman Ali Khan. Izinkan aku menuliskan sedikit intisarinya di sini.

Alladzi kholaqol mauta wal hayata liyabluwakum ayyukum ahsanu amala.

Ayyukum ahsanu amala, artinya untuk mengujimu siapa yang lebih baik amalnya. Better, bukan best. Maksudnya apa? Mengapa dipilih kata itu?

Karena best dan better itu berbeda. Kalau yang diuji dan dilihat hanya yang terbaik, itu artinya cuma ada satu orang. Namun jika yang lebih baik/better... maka semua orang berhak untuk menjadi orang yang amalnya lebih baik, bukan cuma satu orang.

Allah tidak menginginkan kesempurnaan, Allah menginginkan perbaikan (improvement). Karena sulit bagi kita manusia untuk bisa menjalani hari yang super sempurna, tanpa ada kesalahan sedikitpun. Namun untuk menjalani hari yang lebih baik dari kemarin, lebih baik lagi, dan besoknya lebih baik lagi, in syaa Allah kita bisa.

Selain itu, mengapa Allah tidak menginginkan kesempurnaan namun menginginkan perbaikan? Karena ada orang-orang yang karena tidak sempurna, ia justru malah meninggalkan semua ibadah. Misal nih.. wah, aku mah sholat aja masih bolong-bolong, mending ga usah puasa sekalian. Na’udzubillah. Atau karena ngerasa sholatnya ga khusyu, mending ga usah shalat. Perfeksionis yang malah bikin meninggalkan sama sekali itu tidak benar. Karena itu.. Allah memilih kata ahsanu bukan al ahsanu.
Kita sebagai manusia pasti banyak salah, banyak khilaf, banyak dosa. Tapi jangan sampai dosa tersebut membuatmu memilih meninggalkan iman. Jangan sampai dosa tersebut membuatmu enggan membuka Al Quran.
Semoga.. kita termasuk hamba Allah yang selalu memperbaiki diri, memperbaiki iman, amal dan akhlaq kita. Semoga.. dengan perbaikan-perbaikan yang kita usahakan, meski jatuh bangun, Allah izinkan kita menghadapNya kelak dalam keadaan terbaik, mati dalam khusnul khatimah. Aamiin.

Allahua’lam.

#MuhasabahDiri #RamadhanInspiratif #Aksara #Challange


***
PS: Dipublish 7 Juni 2017 di facebook khusus Ramadhan.

PPS: Baru nyadar note-nya ga bisa dibuka pakai apps Facebook Lite karena ada embedded video-nya. Trus.. ternyata sekarang ga bisa buat note fb kalau ga di pc. Atau bisa, tapi pakai aplikasi Facebook yang berat? hehe. Hmm.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya