Follow Me

Saturday, June 30, 2018

You're Doing Well

Bismillah.


You're doing fine. Teruskanlah usaha dan doamu. You're doing well...

Kadang, ada masa kita ragu, apakah kita sudah benar? Apa kita berprogres? Apa kesalahan-kesalahan itu bisa ditanggulangi?

Kadang ada masa kita bertanya, apa kita bisa terus berjalan seperti ini? Atau kita perlu sejenak berhenti? Istirahat? Atau justru perlu berbalik dan menyerah? 

Saat-saat itu... semoga ada yang menyakinkanmu, mengatakan padamu, you're doing fine, you're doing well...

Mungkin kata-katanya tidak harus persis seperti itu. Ada perbedaan diksi, pilihan kata. Mungkin bahkan bukan lewat lisan, tapi lewat tulisan. Mungkin bahkan bukan dari orang terdekat, tapi dari orang asing, yang tulisannya tanpa sengaja kau temukan. Bahkan mungkin... itu dalam bentuk kitab, tulisan berbahasa arab yang membacanya kau terbata, tahu artinya dari terjemahan. Tapi entah mengapa, kalimat itu menurunkan ketenangan di hatimu, seolah kamu diyakinkan.. kamu dihibur, bahwa... you're doing well. You're doing fine.

Sesekali terjatuh, itu lumrah. Kesalahan itu.. kegagalan itu... pasti pernah terukir, dan berulang. Lelah, jenuh, itu sifat alami manusia. Ia sering datang, dan menyelimutimu, membuatmu ingin menyerah dan berhenti saja.

Lewat kesalahan dan kegagalan itu.. kita belajar untuk tumbuh, grow up, mendewasa. Lewat lelah dan jenuh itu.. kita menyadari status kita sebagai manusia biasa, yang butuh tempat bersandar yang tangguh. Bersandar pada diri sendiri, orang lain, harta, tahta, itu... tidak cukup. Tidak akan pernah bisa membebaskan kita dari lelah dan jenuh. Kalau kita tahu... setiap kesalahan, ada pintu taubat yang dibuka lebar oleh Allah. Kalau kita tahu... setiap lelah dan jenuh akan dihapus tanpa sisa nanti, di kehidupan yang hakiki. Semoga sedikit pengetahuan itu bisa membuat kita berjalan lagi, berproses lagi..

You're doing fine, you're doing well...

Allahua'lam bishowab.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya