Follow Me

Thursday, January 5, 2017

You Didn't Answer the Question


#bersihbersihdraft

Bismillah.
answer sheet

Diruangan yang mirip dengan ruang interogasi itu, duduklah berhadap-hadapan sang penanya, dan sang penjawab. Sang penjawab mencoba lagi mengulangi jawaban meski dengan terbata-bata. Ia mencoba mencari alasannya, namun otaknya tidak mau bekerja sama.

"Kamu belum menjawab pertanyaannya," ucap sang penanya membuat sang penjawab menggigit ibu jarinya.

Sudah satu jam ia berada di ruangan itu, sudah ia ceritakan dari A ke Z, namun jawabannya seolah tak bisa memuaskan sang penanya.

"I'm asking you the cause.. but all the things you explain just now, is just the effect..." ucap sang penanya.

Hela nafas menggema di ruangan yang sunyi. Kini sang penanya telah pergi, namun sang penjawab belum bisa keluar dari ruang interogasi. Ia masih memikirkan penyebabnya, antara setengah mengakui, bahwa ia sebenarnya tidak ingin ada yang tahu the cause. Sedangkan setengah dirinya meyakini, bahwa ia juga tidak tahu penyebabnya.

***

Bagian yang di atas itu fiksi. In syaa Allah lanjut non fiksi aja, pegel bingung plot, nama karakter setiing dll. Hehe. Kayanya sih dibawah ini masih ngabstrak, jadi lebih baik ga usah dibaca hehe.


Ibarat ditanya, kenapa ga datang suatu acara? Kamu jawab bangun kesiangan, naik angkot ngetem, belum makan, jadi mampir sarapan dulu, habis itu sampai tempat sudah selesai acaranya. Sekilas itu terkesan menjawab ya? Padahal bukan? Itu cuma akibat demi akibat. Kalau mau lebih jujur, dan nggak ngeles, jawabannya adalah karena ga tertarik tema, ga ingin datang. Selesai.

Kita bisa aja bohong sama orang lain, dengan ngeles kesana kemari. Tapi kalau kita mau nyelesaiin sebuah masalah, kamu harus jujur sama diri sendiri. You have to answer the question. Apa sebab awal itu terjadi, dan di sanalah kamu harus memperbaiki hal tersebut.

Kata seorang ibu dosen, kamu bisa jadi selesai di satu hal ini. Tapi kalau masalah intinya, si sebab itu ga diberesin. Peristiwa semacam ini akan terulang lagi.

Iya.. aku tahu, harus diberesin. Harus diobatan secara tuntas. Dan itu artinya, harus mau makan obat pahit, harus mau dikasih betadine lukanya, dll. Harus banyak berdoa juga.. agar dikuatkan agar dimudahkan dalam proses penyembuhannya. Luka lamaku, luka lama siapa pun, semoga Allah sembuhkan... Aamiin.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya