Follow Me

Tuesday, January 31, 2017

Malu

-Muhasabah Diri-

Bismillah.

Singkat cerita karena satu dua, mungkin tiga kejadian hari ini, otak dan jemariku tergerak untuk menulis tentang malu. Satu kata, kata sifat? bukan, kalau kata sifat maka itu pemalu. Malu adalah kata benda, benar ga?

Definisi Malu menurut KBBI ada tiga:

1. merasa sangat tidak enak hati karena berbuat sesuatu yang kurang baik (kurang benar, berbeda dengan kebiasaan, mempunyai cacat atau kekurangan, dan sebagainya)

2. segan melakukan sesuatu karena ada rasa hormat, agak takut, dan sebagainya

3 kurang senang (rendah, hina, dan sebagainya).

Yang istimewa dari malu adalah.. bahwa malu disebutkan adalah salah satu bentuk keimanan. Pertanyaannya, malu yang seperti apa yang bisa termasuk bentuk keimanan?
Malu.. jika hendak melakukan dosa? Malu.. jika tidak mematuhi perintahnya? Malu... malu, karena belum menjadi hamba yang baik. Malu.. yang tidak sekedar tersipu malu, tapi malu tersebut mempengaruhi perilaku kita.

Kita malu misalnya, kalau ke masjid sholat masbuk, kalau malu tersebut membuat kita jadi berangkat lebih awal, sebelum adzan, supaya tidak masbuk, maka itu adalah malu yang sebagian dari iman. Jika malu tersebut, justru membuat kita memilih sholat sendiri saja, maka itu adalah bisikan dari setan, was-was darinya.

Contoh lain. Kita malu misalnya, ketahuan pacaran sama dosen di kelas. Kalau malu tersebut membuat kita jadi mutusin pacar kita, dan memilih kegiatan lain yang lebih positif, maka malu tersebut adalah malu sebagian dari iman. Tapi... kalau malu tersebut, justru membuat kita pacaran ditempat sepi dan berudaan, maka itu adalah bisikan dari setan.

***

Aku.. juga masih belajar, agar memiliki malu, yang merupakan bagian dari iman. Malu.. yang membuat kita bergerak semakin dekat kepada Allah. Malu.. yang membuat kita belajar arti taqwa, berjalan berhati-hati takut ada duri.

Masih belajar..

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya