Follow Me

Friday, May 25, 2018

Doa-doa Kecil

Bismillah.

Berapa lama ya, ga ngisi blog ini? Hehe. Katanya Ramadhan mau produktif nulis Bell? Ehm.

***

Ramadhan itu bulan istimewa, waktu istimewa untuk berdoa. Buktinya, tepat setelah ayat yang menjelaskan tentang Ramadhan, adalah ayat tentang doa.

Tulisan singkat ini, hanya ingin sedikit mengabadikan. Tentang doa-doa kecil yang kita panjatkan kepada Allah. Setiap hari, di Bulan Ramadhan. Dan perasaan unik, bahagia, amaze, ga nyangka, saat ternyata doa-doa kecil itu disambut jawabanNya. Jadi banyak bersyukur, kalau doa kecil, yang menurut kita remeh saja, didengar oleh Allah, apalagi doa tentang hal yang menurut kita penting. J


***

Hari ini seseorang mengajarkanku sebuah doa. Doa meminta empat perkara, huda (petunjuk), takwa, 'afaf (dijauhkan dari hal yang sia-sia), dan ghina (kekayaan hati). Allah mempertemukan kami di Bulan Ramadhan, sebagai bentuk jawaban doaku saat 'lari' dan 'sembunyi'. Ia menjelaskan padaku, bahwa sekedar minta petunjuk saja tidak cukup, perlu minta taqwa juga, agar petunjuk yang sudah hadir bisa kita amalkan. Perlu juga meminta 'afaaf agar kita tidak rugi waktu melakukan hal yang sia-sia. Juga perlu meminta ghina (kekayaan hati). 

اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى
“Allahumma inni as-alukal huda wat tuqo wal ‘afaf wal ghina.” Artinya: Ya Allah, aku meminta pada-Mu petunjuk, ketakwaan, diberikan sifat ‘afaf dan ghina.

Sumber : https://rumaysho.com/968-doa-meminta-ketakwaan-dan-sifat-qonaah.html


***

Selamat mengisi hari-hari Ramadhan dengan doa, termasuk doa-doa kecil. Sungguh Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan Doa. J

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya