Follow Me

Wednesday, May 23, 2018

Biarkan Angka Hanya Menjadi Angka

Bismillah.

#random #hikmah
-Muhasabah Diri-

Memangnya ada yang memaksa angka untuk berubah bentuk? Ada. Sebagian angka, menjelma menjadi bukan cuma angka.

***

Mungkin ada banyak yang ga tahu, kalau Mei ini saya sempat mengubah setting blog menjadi private.

Ternyata bersamaan dengan itu.. Allah titiipkan untukku hikmah yang ciamik, yang sayang kalau aku petik sendiri, jadi kuputuskan untuk menuliskannya di sini.

Selama setting-an private, otomatis yang bisa berkunjung ke blog cuma saya. Selama beberapa hari itu, saya rajin baca blog sendiri, boleh dibilang narsis, boleh dibilang bentuk menengok progres diri, boleh juga dibilang nostalgia album kenangan. Trus ada juga hari saya ga berkunjung ke blog, nulis aja, kalaupun butuh cari tulisan, di dashboard aja, bukan di alamat blognya.
gap
Tanggal berapa gitu, sesaat sebelum setting diubah publik lagi, saya menulis di sini, juga berkunjung ke salah satu tulisan. Lucunya, di statistik, tertulis, tiga tulisan yang dikunjungi. Why? Kok bisa? Sampai saat ini saya masih penasaran. Feeling saya, karena saya pakai button prev-next post. Jadi kebaca tiga sekaligus. Hmmm. 

Sejak itu, saya jadi sadar, kenapa setelah ganti theme, jumlah hit-nya makin tinggi. Selain karena banyak yang klik daftar tulisan di popular this week, juga karena keanehan perhitungan jika kita klik prev/next post

Saya perhatikan juga.. memang, seringkali kalau ada tiga tulisan yang diklik, itu adalah tulisan yang berurutan.

***

Pernah saya tulis di sini, tentang diri, yang manusia biasa, yang kadang terlalu sering cek statistik blog ibarat cek notification dari sosial media. 

Angka-angka itu.. semoga tidak membelokkan niat menulis. Jika ada yang aneh dari grafik angka-angka itu, anggap saja itu cuma kesalahan perhitungan. Hehe. 

Trus jadi inget juga, pernah baca di medium. Jadi kalau di medium kan ditulis, berapa view, berapa persen baca, fan/yang kasih claps berapa. Jadi berapa orang yang melihat itu sebenernya ga pengaruh sama sekali, termasuk ga menjamin tulisan kita layak dibaca hehe. Bisa aja soalnya cuma numpang lewat. 

Yang terhitung itu, kalau pembaca mau melakukan sebuah aksi setelah membaca. Seperti follow, atau subcribe, atau like fanpage kita. Claps matter kalau menurut penulis tersebut. Kalau menurut saya, ya itu karena medium termasuk blog, dimana orang indonesia jarang yang suka menunjukkan reaksinya, entah itu berupa claps atau komentar. Beda cerita kalau di sosial media seperti Facebook, like, atau komen, sama sekali ga pengaruh. Banyak yang asal like atau komen tanpa membaca, tanpa benar-benar baca sampai akhir. cuma hitungan detik aja, trus like aja, toh itu temen lama, atau komen aja, topiknya seru. Semacam itu.

Oh ya, saya sudah tahu.. cara mengakali agar tidak sering buka statistik blog ini. Simply, log in-nya pakai akun Magic of Rain aja. Karena Magic of Rain role-nya di blog ini cuma sebagai kontributor, bukan pemilik/manager. 

Sekian.

***

Katanya sekian bell? Hehe. Ada yang lupa.

Manusia.. mungkin karena kita manusia. Kita terkadang meletakkan angka bukan sekedar angka. Kadang salah ditempatkan di hati, padahal harusnya cuma ada di tangan.

Kalau lagi lupa, ingat-ingat lagi aib diri, betapa pembaca tidak tahu banyak. Kalau lagi lupa, ingat-ingat lagi, lebih banyak blog/web lain yang angkanya mungkin jauh lebih tinggi, dan manfaat yang disebarnya pun jauh banyak. Learn to stay low and humble, ingat-ingat dari mana kita diciptakan dan kemana kita akan kembali, dari tanah ke tanah. Angka itu.. biarkan mereka tetap menjadi angka. 

Terakhir, *beneran terakhir bell? hehe V peace

Kutipan dari Madarijus Salikin,
"Orang yang ikhlas tidak riya' dan orang yang shadiq tidak ujub. Ikhlas tidak bisa sempurna kecuali dengan shidq, dan shidq tidak bisa sempurna kecuali dengan ikhlas, dan keduanya tidak sempurna kecuali dengan sabar." - Ibnu Qayyim Al Jauziyah 
Semangat belajar bersabar Bella. Bersabar pada diri, yang seringkali menyebalkan dan seolah minta dibenci.

Mohon doanya ya. 

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya