Follow Me

Friday, May 18, 2018

i.e.

Bismillah.
#random

Selain membiasakan menulis dan membaca, aku juga punya keinginan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Aku tahu.. bahwa bahasa inggris, termasuk skill, kalau lama tidak digunakan, ya pasti menurun. Selama ini lebih banyak nerima input (baca, dengerin) tapi ga ada skill untuk speaking atau writing. Bisa sih, tapi ya gitu acak-acakan, terbata. 

Belajar secara teori kaya di sekolah atau dengan target skor toefl atau ielts berapa, gatau kenapa ga ingin belajar dengan cara itu. Pengen ke practical aja. Jadi deh, cari tempat, biar ketemu orang yang bisa diajak ngobrol bahasa inggris secara tertulis. Awalnya join line square, berasa anak muda gitu haha. Karena mayoritas pengguna line square anak generasi milineal, lahiran abad 20 hehe.

Aku join line square yang namanya English, Everyone. Sebelumnya pernah masuk line square lain, lupa namanya. Ga join chat tapi, karena merasa isinya useless *peace V Just small talks, greetings. Aku pengen bahas hal-hal serius gitu hehe. *jadi kangen Qaf Bandung. 

Aku masih bertahan, ga leave square, meski masih ga join chatroom-nya. Aku pikir, toh aku jarang buka line, in syaa Allah ga jadi distraksi. 

Trus aku cari-cari aplikasi lain di playstore. Pernah nyoba duolingo tapi gitu deh hehe. Ga cocok sama metodenya. Trus liat editor pick, ada aplikasi namanya Tandem. Fokusnya belajar via chat. Install dulu, nyobain. 

Make topic, chat beberapa orang, sebagian ga dibales, sebagian ada respon tapi ya gitu... harus sering tanya, harus inisiatif melanjutkan percakapan. Dan aku, dengan ambivertku, sering enggan memulai percakapan, kalau udah diem, yaudah males tanya lagi. Masih ga efektif. Tapi masih aku pertahankan sih, ga di uninstall.

***

Ada yang penasaran kenapa judulnya i.e.?


Jadi qadarullah aku nonton video, lupa tapi judul videonya.  Dan di sana disebutkan i.e.,bayangin aja ada yang pakai i.e.,di conversation, kan jadi bingung. maksudnya apa ya? ai i?

Trus qadarullah lagi, aku buka line square, ada post baru, tahu ga isi postnya apa? Penjelasan tentang bedanya e.g. dan i.e.

Trus,kan aku jadi heboh sendiri. Kok bisa, coincidence kaya gini? Aku jadi bisa ambil hikmah, bahwa masih ada kebaikan yang bisa diambil dari join line square. Bahwa usaha kecilku, kaya join line square dan install tandem, itu ga sia-sia. Buktinya ada pengetahuan baru yang aku dapetin.

Oalah ternyata ai i, itu i.e... oh jadi itu sifatnya mirip e.g. tapi ada bedanya. Bedanya apa? Baca di bawah, tulisannya buatan admin/co.admin, yang id-nya muffeehhh. 
Difference between e.g. and i.e. (By muffehhh)
Some of you have probably written these in your essays, but do know their definite use?
e.g. (exempli gratia) means "for example". This is used when you are giving list of examples that corresponds to your statement. An example sentence would be:
"European countries (e.g., Germany, France, etc) are relatively smaller in terms of area than Asian countries (e.g., China, Indonesia, etc)"
Notice that the countries mentioned are examples of the said group. China and Indonesia are Asian countries, meanwhile Germany and France are European countries.
i.e. (id est) means "in other words". It is used when you are giving pointers that strengthens your statement by giving more information about it. An example sentence that uses "i.e." would be:
"Indonesia is an archipelago, i.e., consists of many islands."
Notice that "many islands" is the definition of "archipelago". Therefore, it is a pointer that strengthens your statement!
Both e.g. and i.e. can often be used inside a bracket. This is done when you want to give more information about your statement, but you do not want to make it interfere with your sentence (refer to the example for e.g.).
Using e.g. and i.e. when used right can make your essay sounds more convincing, since readability might improve! So make sure you learn how to utilize these tools (unless you want to reach the minimum word count badly ^^).
One thing to note is that you should also write the two dots, one between the two letters and one after the second letter. This is different with a full stop, so do not be scared putting a comma immediately afterwards (refer to the examples).
Source: grammarly.com

Jadi kalau e.g itu menjabarkan jenis2nya. contoh :: Buah-buahan, e.g. apel, pisang, dll.

Kalau i.e itu semacam penjelas (in other words).
contoh :: khusnuzhzhan, i.e. berbaik sangka, positif thinking

semoga ga salah ngasih contoh ya hehe. Kalau di bahasa Indonesia gatau ada ga ya yang fungsinya mirip e.g. dan i.e??

***

Oh ya, aku udah atau belum pernah cerita ya? Salah satu hal yang bikin aku suka sama line square adalah penggunaan id. Jadi kita bisa seenaknya berubah nama, menjadi sosok baru, ga banyak yg tahu, orang ga perlu tahu id line asli kita. Suka aja, milih nama, milih pp.

***

Menulis tentang ini gatau kenapa ngingetin aku sama aplikasi yang beberapa waktu ini digunakan untuk SSS (Sharing Santai Serius, atau Serius Santai?) di komunitas NAK Indonesia. Namanya aplikasi Zoom. Biasanya aku tinggal install aja, penasaran juga. Tapi gatau kenapa belum ada motivasi buat install, nyaman ikut SSS di grup wa saja. Meski pasti feel-nya beda, baca penjelasan tulisan dengan mendengar langsung penjelasan tema SSS.

***

Sudah. Sekian tulisan random hari ini J

***

PS: Tiba-tiba kepikiran, gimana ya rasanya kalau punya teman pena orang non Indonesia. Saling kirim email gitu. Hmm.. Ada yang punya? Ceritain dong,.. 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya