Follow Me

Thursday, May 24, 2018

Tulis, Ga, Tulis, Ga, Tulis

Bismillah.



Dapat format ini dari grup NAK Indonesia sebelum masuk bulan Ramadhan. Seperti di judul, aku bertanya-tanya pada diri, perlukah kutulis daftar lecture favorit dari ustadz Nouman yang pernah aku tonton. Buat apa? Manfaatnya apa? Mending juga selain ngelist, juga buat tulisan resume atau insight yang aku dapat dari video lecture. Hmm.. 



Tapi setelah buat listnya, aku meragu, yakin bisa buat tulisannya? Jangan-jangan udah lupa sebagian besar dari isi lecture di atas. 

Dicoba dulu aja ya, tulis dulu aja.

A Balance Approach to Religion

Lecture panjang, di dalamnya ada kisah Robert Davilla. Tapi dari lecture panjang itu, yang paling mengena bagiku adalah, bagaimana untuk seimbang. Seringkali kita salah memahami ayat, karena kita tidak seimbang melihatnya. Di lecture ini juga.... aku jadi diingatkan, kamu suka lihat langit? Trus udah? Kagum aja bafus soalnya langitnya, awannya bentuknya kaya dinosaurus, bintangnya ada tiga biji yag terlihat, oh, it's half moon. Itu saja? Harusnya langit jadi pengingat kita untuk seimbang. Kita harusnya berkaca, hidup kita, keseharian kita, mana yang tidak seimbang?

Di lecture ini juga... dijelaskan bahwa kita cuma bisa berusaha. Dan banyak berdoa. Nyatanya kita manusia, ga sempurna, ga bisa menciptakan langit yang seimbang meski tanpa tiang. Kita cuma bisa berusaha, semoga Allah jadikan hidup kita seimbang. 

In Need of Wisdom


Gulf tour. Lecture panjang juga. Mungkin karena sering diulang-ulang, jadi kedekatannya dengan hati jadi besar. Bagaimana dakwah dengan hikmah. Masih harus belajar. Bagaimana satu ayat perlu dijabarkan lebar lebar, secara mendalam. Bukan justru, satu topik, trus asal ambil beberapa ayat. Bagaimana sikap kita, terhadap ulama, da'i. Bagaimana quran seperti hujan, dan orang beriman ibarat pohon atau tanaman yang hidup dan berbuah, beragam bentuknya.

Oh ya, selain video ini, ada video tanya jawab gulf tour yang juga istimewa. Di dalamnya ustadz Nouman mengajarkan untuk cuek bebek terhadap perkataan menyakitkan dari orang lain, baik itu dari orang asing, maupun dari orang yang kita sayangi, yang perkataannya sangat berpengaruh di hidup kita. Pasang muka tebal. Ga harus dijawab. Pas banget, bagiku yang saat itu, mungkin masih, sering perasaannya diobrak-abrik karena perkataan menyakitkan orang lain.

Full Night of Inspiration 

yang ngadain acaranya ICNA. penjelasan tentang al ma'arij. bagaimana jadi al musholin. Jadi orang-orang yang shalat itu... harusnya, minimal requirementsnya apa aja? Di video ini juga, ustadz Nouman sharing visinya perubahannya, dari yang dulu, untuk bayyinah.tv. Kalau dulu cari murid, setelah ustadz Haji/Umrah, ingin bayyinah cetak guru. Di sini juga... ada doa yang diajarkan, sampai aku jadiin cover page di fb dan twitter. Karena isi lecturenya bener-bener sesuai judulnya. full of inspiration. in syaa Allah. 

How Duaa Works


Video terbaru. yang lain list video lama. Maryam, doanya. Jujur aja ga nyangka, Allah bahkan mengabadikan momen dan doa itu, bagaimana makna di baliknya. Jaman dulu, mungkin ga banyak pendalaman tentang psikologi. Tapi lewat doa Maryam, jawaban yang Allah kirimkan, hikmah dibalik semua itu... beautiful (: Sesuatu banget. 

Surah Al Hadid


Bukan dari satu video sih, dari beberapa video yang membahas surat al hadid. Bagaimana quran diibaratkan sebagai hujan. Bahwa hati yang mati, bisa hidup lagi, atas izin Allah. Seperti Allah menghidupkan lagi bumi yang mati. It's easy for Allah. Kita cuma harus berusaha dan berdoa aja. 

Ayat perumpamaan hidup. permainan, senda gurau, dst. Perumpamaan petani, menanam benih, excited menunggu hujan, tumbuh, hijau, menguning. Sebelumnya cuma tahu artinya dari terjemahan. Lewat penjelasan ustadz Nouman jadi lebih terang penjelasannya. Dan menemukan daun kering di bawah, yang dengan ringan kita injak, jadi momen untuk berpikir. Terutama pas masih di Bandung, ga ada hari ga ketemu daun kering di jalanan.

***

Tambahan, special mention : Story Night Musa 'alaihi salam. Nonton versi fancam, di youtube, linknya sudah ga bisa diakses. Tapi kalau searching, ada versi fancam lain. 

Dalam quran ada banyak kisah. kenapa kisah? Karena kisah bisa lebih lekat di ingatan, saat menyimak kisah, secara tidak langsung kita juga mengingat hikmah atau pelajaran dari kisah tersebut.

Baca kisah Nabi Musa dari buku pernah, dari komik waktu masih SD juga pernah. tapi ini.. dari quran, sudut pandangnya, alurnya dari Quran. J

***

Sebenarnya ada video2 pendek yang mengena juga, tapi yang diatas memng aku fokuskan ke lecture panjang.

Video pendek, yang sekarang terlintas di otakku, ada tiga,

- Beware of men manufacture. Judulnya mungkin bukan itu. Sampai pernah hafal saking seringnya diulang. diingatkan untuk tegas sebagai akhawat. Diingatkan tentang aturan mengetuk pintu, foto, dll. 

- Video guidance and... lupa judulnya juga. Tentang doa, agar minta bimbingan mendekat kepada Allah. Ayat tentang kita pentingnya mengucap in syaa Allah, lalu doa itu.. jangan bandingkan dengan orang lain perjalanan hijrahmu. Ah.. pesan ini juga ada di in need of wisdom.

- put your trust in Allah. doa nabi musa, agar dilapangkan dadany, dan dimudahkann urusannya.


***

Segini dulu.. next, PR nulis pilihan doa dari quran. Juga, nerusin tulisan yang masih bersambung, yang akhir-akhir ini gatau kenapa banyak yang berkunjung. Harus diberesin hehe. Biar ga hutang J In syaa Allah.

Mohon doanya ya. Doa yang baik-baik. 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya