Follow Me

Saturday, July 21, 2018

Lebih Dekat

Bismillah.
#hikmah

Kemarin, qadarullah aku tergerak untuk buka galeri hp. Melihat deretan foto dan folder yang tersimpan di folder camera. Padahal biasanya kalau buka galeri, album Tsabita Khalisha Taqiyya yang dilihat. Bersama foto-foto yang pernah kuambil, dan video yang pernah kurekam, tersimpan juga memori dan kisah di sana.

Sampai aku terhenti pada dua foto yang kuambil tanggal 5 Juni 2017, 11.23 WIB. Meski aku ingin juga bercerita kisah yang tersimpan di foto itu, behind the scene-nya, izinkan kali ini aku menuliskan hikmah yang kudapat saja dari dua foto tersebut.

Closer Look, Clear Look, Find the Beauty Hidden


Foto pertama, sebuah pot berwarna coklat muda yang tidak diisi tanaman. Kondisinya pun jauh dari pot baru atau pot terawat. Tapi saat itu.. entah mengapa pot itu menarik mataku, membuatku ingin memotretnya. Meski tidak berisi tanaman hias yang cantik, tumbuhan liar di dalamnya cukup membuatku teralihkan dari perasaan saat itu. Saat kufoto pertama, keindahannya ga tertangkap. Akhirnya aku berjongkok, mendekatkan lensa kamera hp ke pot tersebut dan mengambil foto kedua. Dua-duanya diambil pada menit yang sama 11.23 tapi menyimpan frame yang berbeda.

Melihat lebih dekat, artinya melihat lebih jelas. Artinya, kita bisa melihat keindahan yang mungkin tersembunyi, dan tidak bisa terlihat dari jauh. Melihat lebih dekat membuat kita bisa melihat detail kecil yang tadinya terabaikan, membuat kita memahami lebih baik.

Menulis ini jadi ingat lagu ost Petualangan Sherina hehe.
"Janganlah sedih, janganlah resah. Jangan terlalu cepat berprasangka. Janganlah gundah, janganlah resah. Lihat segalanya, lebih dekat. Dan kau bisa menilai, lebih bijaksana. 
Mengapa bintang bersinar? Mengapa air mengalir? Mengapa dunia berputar? Lihat segalanya lebih dekat.. Dan kau akan mengerti." 
***

Saat senua belum terlihat jelas, dan prasangka mempermainkan perasaanmu. Mungkin itu saatnya kau melihat lebih dekat, lebih peka, lebih teliti. Semoga dengan berusaha melihat lebih dekat, Allah berikan kepadamu kelapangan dada, kejernihan pikiran, dan ketajaman mata. Sehingga apapun itu, meski dari jauh terlihat buruk rupa, kau bisa melihat sisi indahnya, sisi indah yang tersembunyi, yang hanya bisa dilihat oleh yang mau melihat. Lebih dekat.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya