Follow Me

Wednesday, July 4, 2018

Cari Tema atau Topik Tulisan

Bismillah.

Beberapa hari lalu ada yang refer ke tulisan blog ini, terkait cari tema untuk ditulis. Jadi kepikiran buat jadiin tulisan juga hehe. Pertama, satu hal yang kita perlu paham, ide adalah hal yang sifatnya suka datang tiba-tiba. Kalau udah tahu, jadi aksi selanjutnya, setiap dia datang, segera catat, entah itu di buku, atau di draft blog. Trus, meski ide suka datang tiba-tiba, ide bisa juga dicari. Caranya? 

1. Banyak Baca

2. Buat pohon ide, semacam nurunin ide dari satu kata. Misal dari kata transportasi, turunin jadi bis, mobil, kereta, sepeda, trus yang kamu tertarik, kereta, turunin jadi rel, stasiun, listrik, kereta bawah tanah. begitu seterusnya, nanti pasti ketemu ide yang menarik untuk ditulis 

3. Writing prompt, biasanya buat yang suka nulis fiksi, banyak kok, cari aja. Jadi biasanya berupa penggalan kisah atau pertanyaan tinggal lanjutin aja menurut versimu.

4. Quora, menulislah dari pertanyaan. Ada banyak pertanyaan, pilih salah satu, trus tulis. Atau minta temenmu tanya apapun ke kamu, trus kamu jadiin itu bahan tulisan. 

5. Melihat foto. Dari lihat foto, tulislah tentangnya, deskripsi foto bahkan juga imajinasimu tentang foto tersebut.

6. Tulis aja. Free writing. Kalau ga ada ide tulis dulu aja, nanti pelan-pelan itu jadi pemanasan buat otakmu. Lintasan-lintasan pikiranmu, tulis aja semua. Nanti dari sekian banyak lintasan pikiran random tersebut, pilih satu yang menarik untuk difokuskan dan dijadikan tema tulisanmu. 

***



Tips lain, pilihlah tema yang kamu sukai dan kamu ketahui, itu lebih mudah menuliskannya.

Selamat menulis^^

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya