Follow Me

Sunday, July 29, 2018

Sendi Akhlak Baik dan Sumber Akhlak Rendah

Bismillah.
#buku #nukilbuku
Disadur dari buku Madarijus Salikin karya Ibnu Qayyim Al Jauziyah.

***

Empat Sendi Akhlak Baik

Akhlak yang baik didasarkan kepada empat sendi, yaitu :

🌈 Sabar, yang mendorongnya menguasai diri, menahan amarah, tidak menganggu orang lain, lemah lembut, tidak gegabah dan tidak tergesa-gesa. 

🌈 Kehormatan diri, yang membuatnya menjauhi hal-hal yang hina dan buruk, baik berupa perkataan maupun perbuatan, membuatnya memiliki rasa malu, yang merupakan pangkal segala kebaikan, mencegahnya dari kekejian, bakhil, dusta, ghibah dan mengadu domba. 

🌈Keberanian, yang mendorongnya pada kebesaran jiwa, sifat-sifat yang tinggi, rela berkorban dan memberikan sesuatu yang paling dicintai. 

🌈 Adil, yang membantunya berada di jalan tengah, tidak meremehkan dan tidak berlebih-lebihan.

***

Empat Sumber Akhlak Rendah

Sedangkan empat sumber akhlak yang rendah ialah:

🕸️Kebodohan, yang menampakkan kebaikan dalam rupa keburukan, menampakkan keburukan dalam rupa kebaikan, menampakkan kekurangan dalam rupa kesempurnaan, dan menampakkan kesempurnaan dalam rupa kekurangan. 

🕸️ Kezhaliman, yang membuatny meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya, memarahi perkara yang mestinya diridhai, meridhai sesuatu yang mestinya dimarahi dan lain sebagainya dari tindakan-tindakan yang tidak proposional. 

🕸️Syahwat, yang mendorongnya menghendaki sesuatu, kikir, bakhil, tidak menjaga kehormatan, rakus dan hina. 

🕸️ Marah, yang mendorongnya bersikap takabur, dengki, iri, mengadakan permusuhan dan menganggap orang lain bodoh. 

***

Selain dua hal di atas (sendi akhlak baik dan sumber akhlak rendah), disebutkan juga di buku ini bahwa akhlak baik berada di tengah-tengah dua akhlak buruk, misalnya dermawan yang berada diantara bakhil dan boros.

Semoga Allah berikan kemudahan kita untuk memperbaiki akhlak kita, agar kita bisa mencontoh dan meniru akhlak Rasulullah shallallahu 'alaihi wasalam. 

Allahua'lam. 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya