Follow Me

Wednesday, March 22, 2017

Tempat Masuk Setan dalam Hati (2)

Bismillah.

Judulnya harusnya, penjelasan cara mengobati penyakit yang disebutkan di tulisan Tempat Masuk Setan dalam Hati.
Masih diambil dari buku Amalan-amalan penghilang susah yang mengutip buku Silahul Mu'mini li Thardisy Syaithan.

***

1 | Berdoa kepada Allah dan kembali padaNya
Yaitu berlindung kepada Allah dengan berdoa demi mengharap perlindungan dariNya dalam menjauhkan dan menghilangkan setan.
...
Hasan Al-Bashri rahimahullah meriwayatkan, "Diberitahukan kepadaku bahwa suatu ketika Jibri; datang kepada Rasulullah lalu berkata kepada beliau, 'Sesungguhnya, Ifrit dari golongan jin selalu menggodamu. Maka apabila hendak beranjak ke tempat tidurmu bacalah ayat kursi.'" 
2 | Usaha yang keras untuk menghilangkan sifat-sifat tercela ini dari dalam hati

Salah satu usaha untuk menghilangkan sifat-sifat tercela adalah dengan sifat-sifat baik lawannya.
Marah bisa dihilangkan dengan rida dan ketenangan. Sombong bisa dihilangkan dengan mengetahui kebenaran orang yang didengki karena apa yang menjadi keistimewaannya adalah karunia dari Allah, maka tidak mungkin bisa ditolak. Tamak bisa dihilangkan dengan sifat wara' dan merasa cukup dengan pemberian Allah. Rakus bisa dihilangkan dengan merealisasikan keadaan dunia dan memutusnya dengan kematiannya.
3 | Meminta Pertolongan kepada Allah dengan zikir
 
"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya." - QS Al A'raf ayat 201
Maksudnya, apabila salah satu dari sifat-sifat tercela ini menyakiti hati mereka, maka mereka segera meminta perlindungan dengan berzikir kepada Allah, sehingga mereka dapat melihat akibat-akibat dari urusan mereka.
Dituliskan di buku itu, ini berlaku jika hati kita dipenuhi rasa takut dan takwa (khauf)

***

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya