Follow Me

Wednesday, March 22, 2017

Indahnya Menundukkan Pandangan (2)

Bismillah.

Baca bagian pertama di sini. Tulisan ini bersumber dari "Addaa Wa Addawaa"-nya Ibnul Qayyim. Ditulis untuk diri sendiri, pengingat diri, muhasabah diri~ 

***
Menundukkan pandangan mewariskan keteguhan, kekokohan, keberanian dan kekuatan dalam hati
Sebab Allah menggabungkan antara daya pertolongan dan hujjah dengan daya kemampuan dan kekuatan, sebagaimana disebutkan dalam atsar: "Orang yang dapat menyelisihi hawa nafsunya, niscaya syaitan akan lari dari bayangannya."

Kebalikan dari hal ini, kamu mendapatkan kerendahan dan kehinaan jiwa pada pada orang yang mengikuti hawa nafsunya, seperti halnya yang Allah tetapkan menimpa orang-orang yang durhaka kepadaNya.

Menundukkan pandangan dapat mencegah masuknya syaitan menuju hati  
Masuknya syaitan menuju hati melalui pandangan lebih cepat dibandingkan masuknya udara ke tempat yang kosong. Selanjutnya, syaitan akan menggambarkan dan menghiasi rupa orang yang tadi dipandangnya, kemudian menjadikannya sebagai berhala yang senantiasa diagungkan oleh hati. Sesudah itu, syaitan menjanjikan, menimbulkan angan-angan, menyalakan gejolak api syahwat di hati, dan melemparkan kayu-kayu bakar kemaksiatan yang hal ini tidak mungkin tercapai melainkan dengan gambaran tersebut, sehingga hati pun ibarat berada dalam kobaran api.
Menundukkan pandangan membuat hati fokus berpikir kemaslahatan dan menyibukan diri dengannya

Ketika menundukkan pandangan, otomatis hati kita tidak memiliki terlalu banyak distraksi, sehingga bisa fokus pada hal-hal yang lebih bermanfaat.

Jalan yang saling berkait antara mata dan hati

Mungkin benar pepatah dari mata turun ke hati hehe.. *just kidding. Maksudnya berkaitan disebutkan seperti ini,
Salah satunya menjadi baik jika yang lainnya baik; begitu pula salah satunya rusak apabila yang lainnya rusak. Jika hati itu telah rusak, niscaya pandangan menjadi rusak. Demikian juga sebaliknya, jika pandangan telah rusak, maka hati pun turut rusak.
***

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya