Follow Me

Friday, March 3, 2017

Dzikir

-Muhasabah Diri-

Bismillah.

Cuma ingin menyalin beberapa paragraf yang aku catat, setelah membaca buku Amalan Penghilang Susah-nya Musthafa Syaikh Ibrahim Haqqi. Setiap kutipan terpisah-pisah, cuma ambil beberapa yang paling ingin kucatat saja. Sebagai pengingat diri, yang masih harus sering-sering diingatkan, tentang dzikir, tentang mengingatNya.

***

dzikr
Hati orang-orang yang jatuh cinta tidak akan bisa tenang kecuali dengan zikir kepada-Nya. Ruh orang-orang yang merindu tidak akan tentram kecuali dengan melihat-Nya. Zikir. Dengan zikir segala kesulitan akan sirna, ibadah menjadi agung, derajat menjadi tinggi, malapetaka tertolak, keberkahan datang, kegelapan menjadi terang, melindungi dari musibah dan segala bahaya.
.....

Allah menghias mulut orang-orang yang zikir sebagaimana Allah menghias mata hati orang-orang yang melihat dengan cahaya. Karena lisan yang lalai bagaikan mata yang buta, telinga yang tuli, dan tangan yang lumpuh. Semua ajaran agama adalah untuk menegakkan zikir kepada Allah. Cukuplah Allah bagiku dan Dia adalah sebaik-baik Zat yang dipasrahi. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah Zat yang Mahamulia dan bijaksana. Apa yang dikehendaki Allah, tidak ada kekuatan kecuali pertolongan Allah.
......
Orang-orang shaleh apabila mereka berkumpul maka mereka mengingat Allah. Sementara orang kafir apabila berkumpul maka mereka saling mengingatkan sesuatu yang dapat mendekatkan mereka pada setan.
Zikirnya orang saleh adalah tasbih, takbir, tahlil. Sedangkan zikirnya orang-orang yang berpaling dari Allah adalah nyanyian, gurauan, ghibah, namimah, dan kata-kata keji.
- dari buku Amalan Penghilang Susah :), Musthafa Syaikh Ibrahim Haqqi
***

Semoga kita hari ke hari menjadi hamba yang lebih baik lagi dan lagi. Sehingga kelak ketika tiba saat bertemu denganNya, kita kembali dalam keadaan terbaik. Aamiin.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya