Follow Me

Saturday, November 19, 2016

Setengah Isi, Setengah Kosong?

#random
Istilah setengah isi setengah kosong itu katanya ada filosofinya. Ada buku yang bahas itu juga. Tapi aku tidak ingin membahas tentang itu. Hashtag-nya random, jadi isi di sini akan random. Curhat? Mungkin iya hehe.

Jadi... pernahkah kamu membuat tulisan setengah jadi? setengah jadi atau setengah belum jadi? Ga selesai-selesai gitu. Padahal idenya sudah ada, tapi somehow stuck, akhirnya berakhir di draft saja wkwkwk. Mungkin aku perlu buat projek bersih-bersih draft kaya beberapa tahun yang lalu. Agar tulisan yang setengah jadi itu, dilanjutkan sampai selesai.

***

Aku bertanya-tanya pada diri, apa yang membuatmu berhenti di satu kalimat? Atau sekedar mengisi judul? Kemudian akhirnya memutuskan save as draft?

Aku bertanya-tanya pada diri, kemana perginya semangatmu meramaikan lagi blog ini, agar mendaki lagi ke bukit berikutnya?

Aku bertanya-tanya pada diri, apakah diary, dijadikan excuse, kau merasa cukup menulis di sana. Kebutuhan menulismu sudah terpenuhi di sana, mengapa harus menulis di sini? Seperti itukah yang kau pikirkan?

Aku bertanya-tanya pada diri, jika itu alasanmu, mari sejenak ingat-ingat lagi tujuan blog ini. Bukankah tulisan di sini, kau berharap suatu hari dapat menjadi kata yang mengubah? betterword? yang menginspirasi, mengajak lebih baik? Lalu kenapa masih ragu menyelesaikan draft-draft tersebut??

Aku bertanya-tanya pada diri, bukan karena kata-katamu dicopas di blog orang lain kan? apa kau mau marah-marah lagi, seperti saat itu? Padahal tidak ada satupun, kalimat, frase, paragraf yang milikmu. Ini semua milik Allah, meski jemarimu yang bergerak, namun Allah lah yang menggerakkan hatimu. Ara??

Aku bertanya-tanya pada diri, banyak pertanyaan lain.. bertanya, lagi dan lagi. Berharap semoga pertanyaan pertanyaan ini dapat menggerakkan diriku menyelesaikan draft yang setengah jadi, sepertiga jadi, seperempat jadi, seperlima jadi. Bukan malah menghela nafas berat, karena masih ada banyak tulisan yang belum jadi setengahnya, belum jadi dua pertiganya, belum jadi tiga perempatnya, belum jadi empat perlimanya.

Jadi? Yang mana yang benar? Setengah isi atau setengah kosong?

Jadi? Draft-draft itu? Setengah jadi? atau Setengah belum jadi?

Allahua'lam.

***

PS: Cari temen, siapa diantara pembaca, yang punya banyak draft tulisan yang belum selesai? Eh, siapa yang punya banyak draft tulisan yang sudah selesai setengahnya? wkwkwk. Komen ya^^

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya