Follow Me

Thursday, November 17, 2016

Harus Belajar Mengedit Tulisan

#blogwalking

Bismillah.

if you don't have one, just do self-editing

Diingatkan lagi lewat membaca blog orang lain, blog tersebut adalah blog suaminya, mentor menulis fiksi di Aksara, kalau tidak salah ingat
* Apa saja yang perlu diperhatikan kala menyunting tulisan? 
- Kejujuran (integritas).
Penulis dilarang menyampaikan kebohongan (hoax), memelintir fakta, menyesatkan pembaca atas sesuatu. Meski wajar bila penulis punya sudut pandang (perspektif) lain terhadap suatu subjek dan hal itu membuat tulisannya berbeda atau bertentangan dengan tulisan/penulis lain, tapi itu tidak bisa dijadikan alasan untuk menyampaikan kebohongan. Perpektif lain mestinya memberi pengayaan terhadap suatu fakta, agar melahirkan pemahaman yang lebih utuh pada pembaca.
Selama integritas penulis terjaga dan berani bertanggung jawab, penulis boleh mengungkapkannya.
- Kejernihan menyampaikan gagasan.
Kejernihan menuturkan gagasan dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya ialah
keringkasan (tidak bertele-tele, langsung), kepaduan tulisan (koherensi) sehingga menghasilkan tulisan yang utuh, tidak jomplang, konsistensi, kejujuran, dan sebisa mungkin bersih dari kesalahan menulis (baik salah tulis atau tanda baca).
- Menyampaikan gagasan secara halus dan persuasif.
Kemampuan ini dipengaruhi oleh kepekaan terhadap bahasa dan kata. Penulis mesti awas pada efek bahasa, dan kemungkinan penerimaan pembaca terhadap cara ungkap yang disampaikannya. Tulisan mempengaruhi orang. Pilihan kata (diksi) punya efek dan makna tertentu. Tulisan bisa menyejukkan dan memanaskan pembaca. Tulisan akan sia-sia bila efeknya malah menggagalkan misi penulis yang sebenarnya.
- Anwar Holid, dalam Mengamplas Tulisan
***

PR untuk diriku, untuk membaca ulang tulisan di blog ini, yang perlu banyak diedit, banyak typo, dll.. kadang udah baca sih, tapi suka males ngedit... parah -.-

Mungkin harus diagendakan, tiap akhir pekan minimal mengedit 3 tulisan di sini. Mungkin ahad malam, semoga bukan sekedar rencana, tapi bisa terlaksana! Aamiin.

Bye 5!

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya