Follow Me

Monday, May 13, 2019

Kelipatan Tiga

Bismillah.



Januari 2019 (21) = 7 x 3
Februari 2019 (18) = 6 x 3
Maret 2019 (15) = 5 x 3
April 2019 (12) = 4 x 3

Mei 2019 (?) = 3 x 3 ???

***

Tanpa disengaja, Januari sampai April, kelipatan tiga. Miris sebenarnya, bukan tentang kuantitas, tapi tentang kondisi diri di balik layar. Tapi miris saja tidak cukup. Perlu bergerak, bukan sekedar memperbanyak kuantitas tulisan di sini, tapi juga memperbaiki kondisi diri di balik layar. Mumpung Ramadhan. Pas banget, Allah berikan kesempatan bertemu Ramadhan.

***
"Selama tiga puluh hari kita menghidupkan ketakwaan itu. Untuk mennghindari hal-hal yang bisa membahayakan kita. Dan untuk melakukan hanya hal-hal yang mendatangkan manfaat buat kita. Kia sedang melindungi (protect) diri kita. Itulah takwa. Entah  Anda sedang berbaring, tidur, jalan, duduk, atau apapun, Anda sedang menghidupkan taqwa itu.
Ada orang-orang yang tidak bisa lepas dari coklat. Ada orang-orang yang tidak bisa lepas dari ngopi di pagi hari. Ada orang-orang yang tidak bisa lepas dari rokok. Tidak boleh  ada  satu jam yang berlalu tanpa rokok. Apakah mereka bisa bertahan (survive) di bulan Ramadhan? Ternyata bisa! Ternyata mereka bisa, dan mereka itu mungkin adalah kita.
Ternyata kita semua bisa shalat malam. Ternyata kita semua bisa berpuasa. Ternyata kita semua bisa membaca Al-Qur'an. Ternyata kita semua bisa mentadabburi Al-Qur'an. Entah secara pasif mendengarkan saat kultum tarawih. Atau kita sendiri yang secara aktif mencarinya. Masing-masing kita lebih tahu tentang pencapaian spiritual (spiritual achievement) apa yang kita bisa lakukan di bulan ini, lebih dari bulan-bulan sebelumnya.
Itu poin latihannya di bulan Ramadhan. La’allakum tattaquun.  Kita berlatih mengembangkan ketakwaan di dalam diri kita."
Resume "A Deeper Look" Al Baqarah ayat 184-186 oleh Heru Wibowo [1]
***

Untukku, ayo berlatih melindungi diri, mengembangkan ketakwaan dalam diri. Ramadhan ini, sudah di-setting sedemikian rupa. Tempat training. Agar kelak di 11 bulan lainnya bisa terjun berperang dengan godaan setan, berbekal ketakwaan yang dilatih di bulan suci ini.

Semangaat^^

Allahua'lam.

***

Keterangan:

[1] baca di grup WhatsApp NAK Indonesia, biasanya diupload ke blog dan sosmed NAK Indonesia (@nakindonesia)



No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya