Follow Me

Sunday, May 26, 2019

Refleksi Ramadhan #21: Sedekah

Bismillah.


Kalau boleh jujur, sebenarnya setiap kali aku menulis dan membagikan tulisan selalu ada perasaan minder. Aku tahu betul kualitas diri, kualitas tulisanku, dan juga ilmu yang kumiliki. Aku tahu tulisanku tidak mendalam, lebih sering hanya di permukaan, sebagai penampakan bahwa aku banyak tidak tahu, dan masih harus banyak belajar.

Minder, malu, perasaan itu wajar dimiliki oleh seseorang yang menulis. Tidak mudah memiliki keberanian untuk menulis dan membagikan tulisan kita. Aku juga seringkali meragu, bertanya pada diri, menengok lagi motivasi awal menulis, agar keberanian itu bisa muncul, meski masih sering harus dipaksakan hadirnya.

Hari ini, saat membaca ulang buku Madarijus Salikin dan menyalin kutipan yang aku suka di buku tulis bergaris, aku menemukan kalimat indah. Sabda sang Nabi, shalallahu 'alaihi wasalam tentang sedekah. Potongan hadits tersebut memberikan ketenangan, memunculkan kembali motivasi, dan memekarkan lagi keberanian untuk tetap menulis.

"....kata-kata yang baik adalah shadaqah. Setiap langkah kaki waktu seseorang berjalan nenuju shalat adalah shadaqah. Menyingkirkan gangguan dari jalan adalah shadaqah."

Kalimat sederhana ini, "kata-kata yang baik adalah shadaqah", menyentuh hatiku. Seolah menenangkan perasaan minderku. Tetaplah menulis, selama yang kita tulis adalah kata-kata yang baik. Mungkin tulisan kita belum seciamik tulisan penulis populer, mungkin belum mendalam, dan masih dipermukaan, selama itu kata-kata yang baik itu bisa jadi bentuk shadaqah. Kita cuma perlu belajar lagi, dan lagi, belatih lagi dan lagi, agar tulisan kita membaik kualitasnya. Selama proses perbaikan itu.. tetaplah menulis, jangan berkecil hati, luruskan niatmu. Sungguh, Allah tidak akan menyia-nyiakan tulisanmu, kata-kata baik yang kita coba rangkai, Allah akan menggantinya dengan balasan yang lebih baik.

Seperti wajah cerah saat bertemu saudara terhitung sedekah, begitu pula kata-kata baik yang keluar dari lisan maupun tulisan kita. In syaa Allah.


21 Ramadhan 1439H | 6 Juni 2018
© BetterWord | Refleksi Ramadhan

***

Keterangan : Tulisan Ramadhan tahun lalu, dari facebook pribadi khusus Ramadhan.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya