Follow Me

Monday, May 6, 2019

Refleksi Ramadhan #1: Taqwa

Bismillah.


Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan Ramadhan, bulan diturunkannya Al Quran. Bulan diperintahkannya puasa, supaya kita bertakwa.

Apa itu takwa? Berikut ini kutipan penjelasan tentang takwa dari buku "Tarbiyah Ruhiyah", Abdullah Nashih Ulwan.

***

Dalam satu riwayat yang shahih disebutkan bahwa Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu bertanya kepada Ubai bin Ka' ab tentang takwa. Ubai radhiyallahu 'anhu menjawab,

"Bukankah Anda pernah melewati jalan yang penuh duri?"

"Ya," jawab Umar

"Apa yang Anda lakukan saat ini?"

"Saya bersiap-siap dan berjalan dengan hati-hati",

"Itulah takwa"

Berpijak dari jawaban Ubai bin Ka' ab atas pertanyaan Umar bij Khattab tersebut, Sayyid Quthb berkata dalam tafsir Fi Zhilalil Qur'an,
"Itulah takwa, kepekaan batin, kelembutan perasaan, rasa takut terus menerus, selalu waspada dan hati-hati jangan sampai kena duri jalanan... jalan kehidupan yang selalu ditaburi duri-duri godaan dan syahwat, ketakutan dan angan-angan, kekhawatiran dan keraguan, harapan semu atas segala sesuatu yang tidak bisa diharapkan. Ketakutan palsu daei sesuatu yang tidak pantas ditakuti... dan masih banyak duri-duri yang lainnya."

***

Untuk mencapai takwa, puasa yang kita jalani bukan sekedar menahan lapar dan dahaga. Namun juga hati yang selalu waspada, menjaga lisan dari ucapan yang buruk, mata dari pandangan yang buruk, telinga dari pendengaran yang buruk, dan tangan dari perbuatan buruk serta kaki dari langkah yang buruk.

Untuk mencapai takwa, kita harus berusaha memperbaiki dan memperbarui hubungan kita dengan Al Quran, dengan meningkatkan interaksi baik secara kuantitas maupun kualitas.

Bismillahirrahmanirrohim. Mari jalani dan isi bulan Ramadhan dengan amal terbaik, usaha terbaik, dan doa-doa terbaik. Semoga Allah berikan kemudahan dan keberkahan. Semoga Allah turunkan ampunanNya atas dosa-dosa kita. Semoga kota dapat mencapai takwa. Aamiin.

Allahua'lam.

1 Ramadhan 1439H / 17 Mei 2018
©BetterWord | Refleksi Ramadhan

***

Keterangan : Tulisan Ramadhan tahun lalu, dari facebook pribadi khusus Ramadhan.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya