Follow Me

Saturday, May 18, 2019

Refleksi Ramadhan #13: Rahasia

Bismillah.


Ba'da shubuh hari ini, ceramahnya tentang lailatul qadr. Bagaimana hal yang istimewa tersebut, Allah rahasiakan waktunya, supaya Allah bisa melihat kesungguhan hamba-hambaNya untuk meraihnya.

Juga disebutkan tentang rahasia umur kita. Kita ga pernah tahu, kenapa? Karena Allah ingin kita bersungguh-sungguh juga. Jika seseorang mengetahui akan wafat di umur 100 tahun, dan hari ini ia baru menginjak umur 50 tahun, ia bisa saja menunda beramal baik sampai umur 70/80 tahun.

Ada banyak hal yang Allah rahasiakan waktunya. Seperti malam lailatul qadr, seperti akhir usia kita. Satu hal yang harus kita yakini, dibalik rahasia, akan ada hikmah yang bisa kita petik.

Hari ini, memang masih hari ke 13, atau sudah masuk 14 karena sudah lewat magrib. Tentang sepuluh hari terakhir, sudahkah kita membuat rencana? Ada yang rencana itikaf? Di masjid mana? Atau ingin memaksimalkan ibadah di rumah untuk muslimah?

Tanam niat untuk itikaf, semoga berawal dari niat, bisa menjelma menjadi amal, dan mendapat berkah. Seperti kutipan dari Ustadz Fauzil Adhim, "Awalnya dari niat, kelak Allah akan menilainya dan memberikan barakah sesuai dengan niatmu".

Allahua'lam.

13 Ramadhan 1439H | 29 Mei 2018
© BetterWord | Refleksi Ramadhan

***

Keterangan : Tulisan Ramadhan tahun lalu, dari facebook pribadi khusus Ramadhan.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya