Follow Me

Wednesday, October 12, 2016

Al Quran sebagai Mu'jizat

Bismillah.

AlQuran AlHuda
Mu'jizat berasal dari kata a'jaza yang artinya 'yang melemahkan' atau yang membuat bertekuk lutut. Jadi arti mu'jizat itu beda sama kata miracle atau keajaiban.

Di zaman Nabi Musa 'alaihissalam, saat itu sedang ngetren ilmu sihir, bagaimana ilmu sihir membuat orang-orang takjub. Allah, memberikan mu'jizat yang melemahkan ilmu sihir di masa itu, mu'jizat yang membuat penyihir pilihan Fir'aun bertekuk lutut dan bersujud, mengakui Tuhan yang disembah Musa sebagai Tuhan yang benar. Mu'jizat tongkat yang berubah menjadi ular, dan menelan ular-ular ilusi penyihir, hingga penyihir tersebut akhirnya yang bertaubat.

Di zaman Nabi Isa 'alaihissalam, saat itu yang sedang ngetren adalah ilmu pengobatannya. Maka mu'jizat yang Allah berikan berupa apa? Kemampuan menyembuhkan orang yang buta, menyembuhkan penyakit tertentu, bahkan menghidupkan orang yang mati.

Di zaman Rasulullah, shalallahu 'alaihi wassallam, saat itu masyarakat arab unggul di bidang syair, atau bahasa. Maka Al Quran, Allah berikan sebagai mu'jizat.

Ada yang berbeda antara Alquran dengan mu'jizat sebelum-sebelumnya. Apa? Mu'jizat sebelumnya adalah mu'jizat yang terlihat, kemudian dari sana, disebarkan turun temurun lewat lisan nenek moyang. Ini memperluas kemungkinan anak muda/generasi baru untuk mempercayai mu'jizat hanya sebagai kisah orang terdahulu. Mereka tidak merasakan "sensasi" melihat langsung mu'jizat itu.

Berbeda dengan Alquran, yang turun dalam bentuk qara', yang dibaca. Gimana ya jelasinnya? Bukan Alquran dalam bentuk buku ya. Tapi ucapan, kalamullah, yang mu'jizatnya masih bisa dirasakan oleh generasi muda, jika mereka benar-benar mempelajarinya.

***

Sebenarnya apa yang membuktikan bahwa Alquran itu mu'jizat?

Ada banyak sekali yang bisa disebutkan, mulai dari segi bahasa, segi pengetahuan alam, segi psikologis, dll. Tapi yang harus kita ingat, bahwa mu'jizat Alquran itu dirasakan sangat personal, berbeda masing-masing manusia. Kita tidak bisa memaksakan orang lain percaya bahwa Alquran itu mu'jizat karena satu ayat tertentu, yang membuat kita yakin

Misalnya, ada orang yang merasa yakin, bahwa Alquran itu mu'jizat, karena ayat yang menjelaskan tentang perkembangan janin manusia.

Sedangkan ada yang meyakini Alquran itu mu'jizat karena melihat dari segi bahasa, bagaimana Alquran menyebutkan bahwa setan menyerang manusia dari empat arah depan, belakang, kanan, kiri, mengapa "dari" depan dan belakang menggunakan kata min sedangkan dari kanan dan kiri menggunakan kata 'an.

Ada juga yang meyakini Alquran itu mu'jizat dari penjelasannya bagaimana Isa Almasih membela ibunya, Maryam saat masyarakat menuduhnya dengan hal yang tidak-tidak. Dan hal itu tidak dijelaskan di kitab agamanya sebelum ia masuk ke agama Islam. [1]

Ada juga yang merasa yakin bahwa Alquran itu mu'jizat karena ayat di awal Al Quran, bahwa tidak ada keraguan dalam Alquran. Kemudian ia mempelajari Alquran dan membuktikan bahwa memang tidak ada keraguan dalam Alquran. [2]

Dan ada pula yang meyakini Alquran sebagai mu'jizat karena merasakan ketenangan ketika membacanya.

***

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang membaca Quran namun tidak mendapat ketenangan? Bagaimana dengan mereka yang membaca quran untuk menemukan kritik pada Alquran?

Inilah uniknya Alquran, Allah menunjukkan pada pembacanya apa yang ia cari. Kalau ia membaca Alquran cuma untuk mengkritik Al Quran bukan untuk mencari kebenaran, maka yang ia dapatkan adalah yang ia cari.

Sesungguhnya Allah lah yang mempunyai hak memberikan hidayah kepada makhluknya. Allah lah yang Maha Memberi petunjuk pada hamba yang terpilih. Semoga kita termasuk hamba yang diizinkan Allah mengambil cahaya dari kalam-Nya. Semoga Allah tunjukkan jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (jalan) mereka yang sesat.  Aamiin.

Allahua'lam bishowab.

***

Mohon koreksi jika ada yang salah.

Sumber: dari beberapa video ceramah ustadz Nouman Ali Khan dan video ceramah ustadz lain, semoga nanti saya sempatkan cari satu-satu dan lampirkan link beserta judulnya.

Keterangan:


[2] Kisah perjalanan Ustadz Felix menemukan islam

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya