Follow Me

Wednesday, October 12, 2016

Mengingat Lagi Tentang Ujian-Nya

#random

-Muhasabah Diri-

Bismillah
the distractions and dry leaves; what makes them connected?
Adalah hal yang salah, ketika ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan, kemudian kita memilih tidak melakukan sama sekali. Ibarat ada pilihan A, B, C, dan D, lalu dengan excuse bingung memilih mana dulu yang dilakukan, atau bingung memilih yang mana yang harus dijalankan jika hanya bisa memilih satu, kita lantas menggunakan pilihan E, yang jelas-jelas manfaatnya lebih sedikit ketimbang pilihan A-D.

Terkadang kita sering tergoda pada distraksi ketimbang fokus pada yang sebenarnya kita cari, tergoda mendengarkan noise, padahal bukan itu yang awalnya kita ingin dengar. Bingung? Hehe, siapa suruh baca post dengan tag random hehe. Tapi kalau mau nerusin baca boleh kok^^

***

Kalau aku boleh bilang, hal itu manusiawi. Kenyataannya kita memang diciptakan untuk diuji dengan "perhiasan" dunia, yang membuat kita lupa misi utama kita diturunkan di dunia. Awalnya mungkin kita tidak tahu, jadi fokusnya lebih pada kilau gemerlap dunia, tapi setelah tahu, kita tidak terbebas dari kilau gemerlap dunia. Kita pada persinggahan kita di dunia, diuji terus menerus, dan hasil ujiannya ada dua, lulus trus naik level, atau justru lalai dan harus remidial.

Bentuk "perhiasan" dunia juga macam-macam, kau boleh bilang diantaranya adalah harta, tahta dan wanita. Tapi di sisi lain, bentuknya bisa juga berupa game, entertainment, beautification, proud of money and children [1]. Ada dimana ya?

Asa pernah denger ya? hehe. Iya, ada di "buku manual" manusia, buku pedoman, Al Huda, Al Quran.

Tentang manusia yang mendeklarasika beriman, akan diuji
Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya mengatakan, "Kami telah beriman" dan mereka tidak diuji? Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta.
- QS Al Ankabut ayat 2-3
Tentang apa yang ada di dunia, sebagai ujian manusia
Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, diantaranya yang terbaik perbuatannya.
- QS Al Kahfi ayat 7
Tentang apa-apa yang dibuat indah di mata manusia
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).
- QS Ali Imran ayat 14
Tentang dunia dan hal-hal melalaikan di dalamnya, beserta perumpamaannya
Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu, hanyalah permainan, dan senda gurau, perhiasan dan saling berbangga diantara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kehidupan yang palsu.
- QS Al Hadid ayat 20
***
Aku senang, tulisan yang awalnya berniat berisi random pada akhirnya membuatku membuka lagi kalam-Nya, atau mungkin tidak benar-benar membuka, lebih tepatnya searching lagi firman-Nya mengenai hal random yang kutulis hari ini.

Tulisan ini untuk diri, muhasabah diri. Jujur aku takut, sering takut menulis di sini. Teringat lagi bahwa bisa jadi aku salah satu hamba yang dimurkai-Nya, karena hanya menulis, tanpa membuahkan dalam amal. Na'udzubillah.

Ya Allah, Engkau Maha Tahu, yang ada di hatiku, Engkau Maha Tahu alasanku menulis ini. Engkau Maha Tahu kelemahanku, maka saat Engkau takdirkan jemariku menulis dan mempublish tulisan di sini, semoga Engkau berikan juga kekuatan pada ku, pada imanku, untuk melanjutkan tulisan ini ke dalam amal. Aamiin.

Allahua'lam bishowab.

Keterangan

[1] istilah bhs inggris dapet dari ceramah di youtube, dijelasin juga maksud perumpamaannya, tapi bahasa inggris dan belum ada subtitlenya, videonya bisa dilihat di sini atau baca tulisan ringkasannya di sini
 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya