Follow Me

Saturday, October 8, 2016

Kuis MuSA

Bismillah.

logo MuSA dari twitter @musaitb yang terakhir update 2014 hhe

Belajar islam caranya ada banyak, dan salah satunya lewat kuis. Jadi ceritanya aku ngikutin Line LDW MuSA (Muslim SAPPK ITB), nah akun line MuSA termasuk yang sering aktif gitu. Kemarin malem gatau kenapa, adminnya mau bagi-bagi pulsa 10 ribu untuk dua pemenang, lewat apa? Lewat Kuis! Ini pertanyaannya:

1. Siapa nabi yang hidup walau ditelan ikan?
2. Provinsi apa di Indonesia yang diizinkan menerapkan sebagian Syariat Islam?
3. Apa makna hadits Muttafaq 'Alaih?
4. Dimana pulau mayoritas muslim Filipina tinggal?
5. Siapa pendiri Taliban?
6. Kapan tahun Sultan Suleiman 1 mengepung Vienna?
7. Ayat mana ini, "wa minal layli fatahajjad bihii naafilatallak..."?
8. Berapa sayap malaikat yang tertulis di Quran?
9. Siapa yang akan membunuh Dajjal?
10. Siapa panglima perang Ajnadin?

***

Boleh banget belajar dari Gugel ceunah, hehe. Aku suka sih cara ini, secara kreatif "memaksa" kuriositas kita untuk belajar, meski dari google. Terkadang manusia emang gitu, ga belajar kalau ga ada sistem ujian atau kuis. Inget ga waktu TPB? Belajar ulang di rumah/kosan materi fisika dasar/kalkulus karena akan ada kuis? Kalau ga ada kuis belajar ga? Kkk..

Berikut ini kunci jawaban yang diberikan admin line Muslim SAPPK ITB, gatau alamatnya @apa hihi, cari cari aja, atau tanya temen SAPPK yang kamu kenal.

1. Siapa nabi yang hidup walau ditelan ikan?

Nabi Yunus 'alaihisalam yang hidup walau ditelan ikan.
"Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul."
- QS Ash-Shaffat ayat 139
"...maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela."
- QS Ash Shaffat ayat 142
Di kamus Indo-Arab, kata 'alhuut' pada surah tersebut bermakna ikan, lebih tepatnya ikan besar.

2. Provinsi apa di Indonesia yang diizinkan menerapkan sebagian Syariat Islam?

Provinsi yang diizinkan resmi menjalankan sebagian syariat Islam adalah Aceh. Semenjak diresmikan oleh DPR Aceh (27/9) dengan istilah Qanun Jinayat. Nama yang lebih tepat adalah Aceh (2009-sekarang). Nangroe Aceh Darussalam hany berlaku dari tahun 2001-2009.

3. Apa makna hadits Muttafaq 'Alaih?

Muttafaq 'alaih adalah istilah bagi hadits yang disepakati oleh Bukhari dan Muslim dari riwayat Sahabat yang sama. Bisa jadi hadits diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim tapi tidak dari jalur sahabat yang sama.

4. Dimana pulau mayoritas muslim Filipina tinggal?

Pulau mayoritas muslim Filipina tinggal adalah Pulau Mindanao (pulau terbesar kedua di Filipina). Dua pulau besar lainnya, yaitu Luzon (terbesar pertama) dan Visayas (terbesar kedua) dihuni lebih sedikit muslim. Filipina dihuni mayoritas Khatolik.

5. Siapa pendiri Taliban?

Pendiri Taliban adalah Muhammed Omar. Taliban dibentuk tahun 1994. Memerintah Taliban dari tahun 1996-2001. Digulingkan Amerika pada tahun 2001. Gerakan ini bersumber dari madrasah di daerah Pashtun, Pakistan.

6. Kapan tahun Sultan Suleiman 1 mengepung Vienna?

Pengepungan Vienna (kini bagian negara Austria) terjadi pada tahun 1529 (atau 935H). Merupakan kota terjauh yang dijangkau Khilafah Utsmaniyyah setelah umat Islam berhasil menaklukan daerah yang sangat luas di Eropa Tenggara.

7. Ayat mana ini, "wa minal layli fatahajjad bihii naafilatallak..."?

Merupakan ayat ke 79 pada surat Al Isra.
"Dan pada sebagian malam hari shalat tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."
- QS Al Isra ayat 79

Allah menjanjikan pahala yang luar biasa besar (maqamam mahmuda) bagi yang shalat tahajjud. Harusnya, da'i malu dan menyesal jika melewatkan shalat tahajud.

8. Berapa sayap malaikat yang tertulis di Quran?


Jumlah sayap malaikat yang tertulis pada Quran: dua, tiga atau empat.

"Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga  dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

- QS Fathir ayat 1

Matsnaa wa tsulaatsa wa rubaa' juga ditulis pada ayat lain tentang nikah, An-Nisa ayat 3.*

*yang ini saya ga tahu apa hubungannya dengan pertanyaan, mungkin ada, tanya ke admin ya kalo penasaran banget, kalo saya sih belum cukup merasa penasaran sampai ingin bertanya. excuse. males aja tanya, nanti ketauan bukan anak sappk hhe

9. Siapa yang akan membunuh Dajjal?

Pembunuh Dajjal adalah Nabi Isa Al-Masih 'alaihissalam.
"Ketika musuh Allah melihat Isa, ia pun meleleh seperti melehnya garam dalam air. Seandainya Isa membiarkannya, ia akan meleleh sampai binasa. Namun, Allah membunuhnya lewat tangan Isa, agar Isa memperlihatkan kepada mereka darah musuh itu dalam peperangannya."
- Hadits Riwayat Muslim

10. Siapa panglima perang Ajnadin?

Panglima perang Ajnadin adalah Khalid bin Walid. Perang ini berlangsung dua hari dengan kemenangan gemilangbagi umat Islam untuk menguasai Syam sebelum perang Yarmuk.

***

Kalau mau tanya lebih detail tentang jawaban di atas, tanyanya jangan ke sini ya. Hehe. Saya juga banyak yg baru tahu jawaban kuisnya~

Allahua'la.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya