Follow Me

Monday, October 10, 2016

InspiLite

#blogwalking

Bismillah.

Bung Karno membaca buku sangat banyak dari beragam bahasa.
.
Muhammad Natsir, ulama yang luar biasa. Dikenal oleh dunia, namun negara ini kurang mengenalnya. Pernah di penjara. Pemerintah Indonesia hanya membawa memo tentang Muhammad Natsir untuk delegasi ke Jepang.
.
Berbicara tentang buku, seberapa banyak kita membaca buku?
Muhammad Hatta sempat diliput oleh TVOne, perpustakaannya ada 13.000 ribu.
Barack Obama, asistennya menulis daftar bacaan buku atasannya setiap hari.
Jangan lupa baca catatan lengkapnya di link web gamais di atas ya.. In syaa Allah banyak manfaat yang di dapat. Aku juga belum sih, tapi in syaa Allah baca sampai selesai kok, ditunda sebentar sembari menenangkan otak yang akhir-akhir ini sering kalah mental liat bacaan yang berkesan panjang. Ah. Padahal cuma artikel panjang, ketahuan banget saya sudah lama ga membaca buku, yang merupakan kumpulan dari artikel-artikel panjang setopik. Hehe.

***

Hanya ingin mengingatkan lagi untuk diri pentingnya membaca buku. Buku yang bermanfaat dari yang ringan macam novel dan kumcer, sampai yang berat, semacam buku materi IF atau buku TA ckckck.

Kasihan atuh Bell, buku-buku yang sudah pernah kamu beli. Mau kamu biarin numpuk aja tanpa pernah dibuka satu pun halamannya? Dulu pernah sih buka, cuma untuk kasih nama, tanggal, tempat dan tanda tangan. Parah!
Aku tahu ada banyak sekali bacaan bagus di dunia maya, baik di media sosial, maupun di blog atau website. Aku tahu, kamu sudah terbiasa pegang gadget ketimbang baca tulisan yang tercetak di kertas, tapi bukan berarti kamu bebes dari tuntutan baca buku. Ingat lagi semangat 45 saat pertama kali begadang baca buku alias kumpulan Majalah Bobo. Atau ingat lagi, semangat saat kamu SMP dulu, rajin ke perpus baca buku-buku dari sana.

Ah. Membaca fakta para pemimpin dan hobi membaca mereka, mengingatkan aku salah satu tugas Kompilasi, untuk membaca biografi salah satu tokoh Indonesia. Bukan biografi juga sih, tapi baca majalah TEMPO, majalah dengan tokoh Indonesia sebagai fokus utamanya. Dan waktu itu aku membaca tentang Mohammad Hatta dan mengetahui betapa beliau sangat menghargai buku. In syaa Allah tulisan ringkasannya aku post di sini. Aku cari dulu ya file-nya, semoga tidak hilang atau tertinggal di tempat penyimpanan lain. *ga nemu TT hiks, doain ya smoga ga terhapus

Terakhir, untukmu yang mengaku hobinya membaca dan menulis, tahun ini sudah baca berapa buku? Hiks. Ayo sempatkan ke perpus, baca di waktu luang beberapa halaman, tiap mampir baca buku yang sama, nanti tanpa terasa habislah satu dua buku. Seperti waktu itu.

Bye! Zai jian!

***

PS: Judulnya InspiLite karena unik singkatan dari Inspirasi Literasi, mungkin salah satu prokernya PPSDMS. Juga mengingatkanku pada INSpira, apa itu INSpira? Proyek roro jongrang katanya hehe. Proyek pembuatan majalah gitu, entahlah mungkin masih bisa ditemukan barang buktinya di sekre Gamais, mungkin juga tidak. Entahlah. Tetiba merindu. Kkk. *ngerandom

PPS: Lucu cara pengetikan catatan kali ini di web gamais, setiap ganti paragraf, atau ganti baris diselingi dengan titik, dan aku suka. Unique. Baca lengkapnya di web resmi gamais[dot]itb[dot]ac[dot]id.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya