Follow Me

Thursday, December 15, 2016

Baca Buku, Dibaca Bell!!

#sosmedwalking

Bismillah.

Rasanya, baru kemarin.. aku menuliskan excuse-ku di sini, tentang suka beli buku, tapi bacanya belum kesampaian. Membaca status seorang ukhti, aku berasa dikodein, disindir, diajak untuk membaca buku-buku yang dibeli, ya.. mungkin besok kalau balik ke purwokerto aku sempatkan membacanya. Hehe. In syaa Allah.
bukankah memang perlu usaha ya untuk meraih sesuatu. ya usaha saya pertma, ada in bukunya. Selanjutnya?
Ternyata saya harus berusaha tetap konsisten membacakan buku walau bagaimana pun. Sayang kan, udah beli, ga dibaca.
Kelihatanlah, ketika saya istiqomah dan dg sabar membacakan, Fatih pun dapat diarahkan. mudah2an tetap bisa begitu.
saya jadi ingat ada yang berucap (bahkan jadi judul buku) "Jangan kuliah kalau tidak sukses! " apa lantas orang2 jadi tidak kuliah disindir begitu?
Saya pikir orang yng suka tantangan, malah suka ditantang begitu.
Bisa juga mungkin ya begini, "Jangan punya/beli buku, kalau tidak dibaca!" Untuk menyemangati saya, suami, dan yang lain.
- Restri Martiana, dalam buku wajah-nya
***

Penulis status tersebut sedang ingin membentuk minat baca bagi balitanya, atau anaknya. Lalu aku jadi dibuat mengingat-ngingat masa kecilku, dulu apa yang yang ditunjukkin Ayah dan Ibuku? Aku lupa.. tapi yang jelas, dulu ayah beliin bundel majalah bekas bobo, ada 3 bundel, tiga-tiganya tebelnya kaya buku harrypotter, hardcover. Aku ingat, waktu itu aku lagi semangat-semangatnya baca, sampai ngerasain pertama kali begadang, untuk nyelesaiin satu bundel buku itu.

Kalau Ibu, aku terbiasa lihat ibu baca majalah Ummi, pinjeman dari Ummi-nya wafa dan suja, depan rumah. Majalah itu, lewat itu.. Ibuku dapet hidayah untuk berkerudung, alhamdulillah. Semoga keluaga wafa dan suja diberkahi Allah. Wafa udah kelas sberapa ya sekarang? Dulu pas aku SD, mereka masih precil.

Meningkat ke SMP, aku mulai mengenal komik, agak mengesampingkan buku, karena lebih menghibur baca komik, tulisannya dikit, gambarnya banyak hehe. Alhamdulillah, masih suka ke perpus SMP, baca beberapa buku. Ayah juga, dulu ngasih hadiah buku, aku dibawa ke toko buku, disuruh milih mau yang mana. Aku milik serial nomik si Olin. Mulai banyak baca buku-buku DAR!Mizan dan buku terbitan Gema Insani dari sini.. termasuk baca jangan jadi bebek. Aku jadi inget, ada serial novel lain yang aku suka jugaa waktu SMP, peran utamanya tuh anak kecil yang rambutnya kribo, tapi lupa judulnya. Ada yang tahu? Ga ada tentang romance, banyak hal lucu dan karakternya unik-unik, ayahnya, ibunya, dan bapak yang jaga mushola. *aduh apa ya? Jadi penasaran..

***

Menumbuhkan minat pembaca untuk anak kecil emang susah-susah gampang. Kalau kamu gimana? Gimana ceritanya mulai suka baca? Karena temen? ayah? ibu? Barangkali bisa di share, hihi, komen ya.

Terus kalau kamu ingin rajin ngisi blog, baca juga jadi kuncinya. Nulis apapun, butuh studi literatur kan, karena teko ga bisa nuang apapun kalau belum diisi. Termasuk itu.. buku itu, buku yang jadi syarat kelulusan. Kalau ga banyak baca paper dll, kamu bisa bingung nulis apanya. Tapi kalau baca literatur keilmuan, kamu ga boleh kaya baca novel, hehe, harus sambil nerjemahin, banyak ngulang-ngulang apalagi kalau berbahasa inggris. Hehe. Semangat^^

Sampai jumpa lagi! Sayonara^^

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya