Follow Me

Thursday, December 8, 2016

Salah Fokus

#blogwalking

Bismillah.

ashhabul kahf
Dari tulisannya Teh Dery, bener ga tulisannya? Takut salah, dari tulisan dhefimaputri, aku diingatkan lagi, tentang aksi superdamai 212, ini bukan tentang jumlah. Jangan salah fokus!

Berapa jumlah pemuda Alkahfi yang berlindung di gua? Tiga? Lima? Tujuh?

Nyatanya tidak ada satu pun kita yang bisa yakin menjawab karena memang Ia tidak menyebutkan angka pastinya. Karena tidak disebutkan berarti jumlah disini bukanlah hal yang ingin ditekankan, melainkan fokus ada pada hikmah dan kisahnya itu sendiri.

Begitu pula yang saya rasakan terhadap aksi 212 kemarin, tentu estimasi jumlah peserta itu perlu, biar ga dikerdilkan maupun dilebaykan, tapi jangan sampai menggeser esensi dan hikmah dapat dipelajari.

Lihatlah, dan lihatlah lebih dalam lagi, mukmin mana yang tidak bergetar melihat pemandangan seperti ini?
- Derry Hefima Putri, dalam tulisannya Jejak Peristiwa
***

Aku ga akan komen banyak. Mari sama-sama diam sejenak, mencerna lagi, memetik lagi, hikmah dari aksi 212, jangan fokus pada jumlahnya, atau pada hal-hal lain. Bisa jadi bukan itu, yang Allah ingin sampaikan.

Seperti dalam surat Al Kahfi, yang seharusnya rutin kita baca tiap Jumat. Bukan tentang berapa orang, dengan seekor anjing, bukan itu yang harus diperdebatkan. Tapi bagaimana kisahnya, pemuda-pemuda itu memohon pertolongan Tuhan-Nya, untuk dijaga keimanan mereka, dan Allah kabulkan. Allah tidurkan, selama beberapa abad, dan Allah bangunkan.

Tidak mudah, menjadi pemuda Al Kahfi, menentang kemungkaran disekitar, dikejar-kejar, kemudian bersembunyi dalam gua. Jika kita... mau lebih tulis berdoa, seperti pemuda Al Kahfi, mungkin Allah juga akan mengurus kita, bahkan saat kita tidur, kapan kita menghadap kiri, menghadap barat, dll. Ayat keberapa coba? *duh, cek mushaf masing-masing yuk.

Ini baru kisah Al Kahfi ya.. belum kisah lain yang ada di surat tersebut. Empat kisah, ada benang merahnya katanya. Asa pernah baca nukilan dari buku Khawatir Quran *bener ga tulisannya? Bentar ya.. aku cek dulu, kayanya di web/fp Mata' Salman deh. Alhamdulillah nemu, ada dua tulisan, mangga dibaca, in syaa Allah jauh lebih bermanfaat daripada baca-baca postingan di sini hehe.


***

See you again next time, in syaa Allah..

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya