Follow Me

Monday, December 19, 2016

Senyum-senyum Sendiri

-Muhasabah Diri-

#hikmah

Bismillah.
walking while texting is a NO. #ntms
Suatu sore, di jalanan sepi.. aku asik  melihat ke layar hp, lalu tersenyum sendiri wkwkwkwk. Ternyata di sebrang jalan yang sepi, ada seorang bapak dan beberapa ibu-ibu. Mereka karyawan salman, aku mengalihkan pandangan ke samping kanan, mengangguk dan tersenyum, sekedar sapaan sopan santun, karena aku pernah dua tahun tinggal di lantai 4, gedung sayap selatan masjid Salman.

"Kok senyum-senyum sendiri?" tanya seorang bapak, yang biasa membenarkan ini itu yang rusak di Astri dulu. *tapi bukan untuk listrik. Siapa coba? wkkwkwkw..

Aku merasa ditimpuk, malu, malu lah... karena jalan sendirian, liat hape mulu, bahkan senyum-senyum sendiri, kaya orang 'gila' wkwkwk. Aku menjawab pendek, ada 'sms' baik. Kurang lebih seperti itu, lalu aku dan sang bapak berlalu.

***

Kejadian sederhana itu... seolah menyindirku habis-habisan, seperti menegurku. Kalau kita, harusnya jalan tuh, lihat ke depan, menyapa yang papasan *warga sekitar, teman, dll, **jangan ke non mahram tapi..

Kejadian sederhana itu... seolah menyindirku habis-habisan, seperti menegurku. Kalau kita tidak seharusnya hidup di dunia maya, kaya orang gila wkwkwk. Senyum mah sama orang, boleh senyum-senyum sendiri, kalau di kamar, kalau di tempat umum, jangan, kaya orang gila nanti hehe.

Kejadian sederhana itu... seolah menyindirku habis-habisan, seperti menegurku. Untuk lebih memperhatikan alam, menutup handphone ketika berjalan, waktu kita... sudah tersita oleh handphone dan laptop ketika kita duduk dan berbaring, masa ketika jalan kaki juga mau disita waktunya? Kapan kamu melihat ke lingkungan? Kapan menyapa masyarakat sekitar?

Kejadian sederhana itu... seolah menyindirku habis-habisan, seperti menegurku. Belajar cuek itu boleh, tapi jangan terlalu cuek, harus peka juga, jangan angkuh, jangan egois. Jadi teringat sebuah ayat di surat Luqman, bahkan kita berjalan pun, harus ada adabnya, ada sopan santun.
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkan suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.
- Quran Surat Luqman ayat 18-19
***

Aku.. masih harus ditegur, sering-sering ditegur. Krn suka jalan tapi ga lihat kanan kiri. Parah. Iyaa.. ditegur juga kalau ngeliat aku senyum-senyum sendiri, kadang suka ga nyadar gitu loh, padahal.. orang lain ngelihatnya pasti aneh, ni orang kok senyum-senyum sendiri ya? Wkwkkw.

Jadi inget foto candid, aku, hape putih nokia dulu, dan senyum. Yang diambil tanpa sepengetahuan, tapi Alhamdulillah, aku tahu dari ukhti, lalu aku meminta ybs untuk dihapus dari sebuah sosmed. Berapa tahun yang lalu ya? Sesaat sblm masuk asrama, menjelang ramadhan, acara pelatihan untuk panitia.

Anyway... bye^^ see you later..

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya