Follow Me

Saturday, December 3, 2016

Hujan dan Sikap Kita

#random #gakpenting

Bismillah.

summer rain
Kemarin hujan turun saat aku berada di tempat terbuka. Awalnya rintik-rintik kecil, kemudian semakin besar dan deras. Ada beberapa orang yang memilih meneduh, ada yang menikmati hujan dengan payung, ada juga yang memilih membiarkaan air membasahi dirinya, tanpa jaket, tanpa penutup kepala.

Lalu aku jadi berpikir untuk menulis ini, tentang hujan dan sikap kita. Saat kau berada di ruang terbuka, lalu hujan berjatuhan dan cukup deras, apa yang kamu lakukan?

Berteduh, Lewat Jalur Teduh

Menepi ke tempat yang beratap agar tidak basah, kemudian menunggu hujan reda. Atau memilih jalur teduh, jalur yang ada atapnya menuju tujuan awal.

Memakai Jas Hujan Full 

Bisa berbentuk kelelawar, atau yang potongan atasan dengan celana/rok, sekarang bahkan ada jas hujan terusan (semacam gamis berponco yang anti air). Kemudian melanjutkan perjalanan menuju tujuan awal lewat tempat terbuka, dinginnya masih terasa, tapi tidak basah, aman full body.

Memakai Payung

Payung kecil, payung lebar? Payung sebagai atap berjalan dengan kita, agar tidak basah kepala. Namun bagian bawah masih rawan, sepatu dan celana/rok/gamis biasanya ikut basah, apalagi jika arah hujan bukan vertical, tapi miring terbawa angin.

Memakai jaket yang berponco

Tinggal menaikkan ponco di jaket ke kepala, beres. Lanjut jalan.

Menutup kepala dengan buku/tangan/jaket

Aku banyak lihat ini, ada yang dengan tangan, buku/map gitu, ada juga jaket. Tapi jaketnya aslinya ga ada ponconya, jadi jaketnya ga dipakai di badan, tapi disampirkan di kepala.

Hujan-hujanan hehe 

Kalau tujuannya adalah rumah/kos, gapapa hujan-hujanan, basah-basahan, meski deres, meski ada resiko sakit, *bandel. Tapi kalau tujuannya kuliah, atau ada acara apa, yang kemungkinan artinya kamu harus menggigil kedinginan karena basah kuyup jangan hujan-hujanan ya. Sayangi tubuhmu hehe, sayangi kesehatanmu. Kalau pun misal ke rumah, hujan-hujanan, habis itu harus langsung mandi dan ganti baju hangat. Ok?

Oh ya, hujan-hujanan ada sebenernya ada dua hal berbeda, lari, atau jalan santai hehe.

***

Ngomong-ngomong tentang hujan-hujanan, kalau dulu pas waktu kecil aku pernah diberitahu. Mending hujan-hujanan pas deres banget, hujan gede, daripada hujan-hujanan pas gerimis. Katanya sih, yang bikin sakit itu hujan-hujanan pas gerimis, atau baru rintik kecil. Gatau sih bener apa ga, ga ada penelitiannya juga hehe.

Gak penting ya? Ini kan kehidupan sehari-hari bell? hehe.. Emang ga penting, tapi aku gatau kenapa tertarik untuk nulis ini, apalagi pas kemarin aku menyaksikan langsung perbedaan banyak orang. 

Aku lebih sering pakai payung dan hujan-hujanan, atau kombinasi payung dan rok hujan tanpa atasan hehe. Kalau kamu pilih yang mana?

Allahua'lam

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya