Follow Me

Saturday, December 24, 2016

Sosmed Favorit

#bersihbersihdraft

Bismillah.
Terinspirasi dari status seorang ukhti, yang curhat ditanya kenapa cuma aktif di facebook dan blog. Lalu aku jadi tertarik membuat ulasan singkat macam-macam sosmed, tapi lebih ke opini sih, karena ga melakukan survey atau analisis apapun. Hehe. Jadi kalau ada yang salah bisa banget kamu protes dan kritik di komentar oke? Mari kita mulai...

1. Blog/Website

Tempat menuliskan banyak hal, dari hal-hal remeh atau informasi penting. Tapi biasanya diisi dengan narasi besar. Mayoritas tulisan, bisa sih attach gambar atau video di sini. Tapi mayoritas tulisan. Tapi di sini, interaksinya antaruser-nya relatif rendah, bisa sih, blogwalking, saling komen, tapi tidak seramai di sosmed lain. Ada banyak penyedia blog gratis, seperti wordpress dan blogger.

2. Tumblr

Fungsinya mirip blog/website, tapi lebih hidup interaksinya, Ada fasilitas reblog, ask, trus ada messaging-nya juga. Isinya tidak melulu tulisan, bisa video pendek, gif, gambar, dll. Ada fasilitas search dimana kita bisa mencari topik tertentu di akun-akun pengguna tumblr lainnya.

3. Facebook

Banyak bahasannya hehe. Dulu booming setelah friendster kadaluarsa. Fasilitasnya banyak banget, ga ada pembatasan karakter, yang bikin heboh *aku aja sih yg heboh*, graph search-nya. Sedih banget kalau inget suatu siang, seorang teman di IF, menjelaskan tentang fasilitas graph search yg bisa dipakai untuk kepo. Hm... Terus.. sekarang banyak hal baru, mulai dari live video, yang bagus banyak manfaatnya, jadi inget aksi.. aksi apa coba? Aksi 411, trus inget kajian online live di fb. Trus, sekarang like-nya ga cuma jempol ada banyak reaksi hehe. Trus.. trus apa lagi? Hehe.


Keburukannya, eh, hal negatif di fb -menurut saya- adalah banyak jadi ajang debat. Pernah dulu pas saya TPB, trus sekarang banyak banget, pusing bacanya. Sebenernya ga cuma fb sih, hampir semua sosmed (minus blog mungkin), menjadikan penggunanya reaktif. Jadilah seperti itu terjadi.


4. Twitter

Khas dengan batas 140 karakternya. Budaya hashtag kenalnya dari sini, karena dari hashtag yang mirip bisa jadi trending topic.

5. Instagram

Basisnya image/picture, ada video dan gif juga sih. Kalau menurutku mirip-mirip tumblr, cuma lebih ramah dengan hp. Terus bedanya lagi, kalau di ig, selain bisa tahu pembaruan akun yang kita follow, kita juga bisa tahu, akun tsb nge-heart postingan siapa aja dan apa aja.

6. Aplikasi Messaging

6a. WhatsApp

Aplikasi messaging, yang berkembang lumayan cepat, mencoba menyaingi aplikasi messaging serupa. Ke khasannya apa ya? Dulu sih, pertama kali dikenal, sebelum line dan telegram, jadi penggunanya banyak.

6b. Line 

Kalau menurutku line mirip facebook, meski fungsi utamanya untuk messaging, ada fasilitas home, buat status, bahkan untuk ngeshare berita, dll.

6c. Telegram 

Mirip-mirip lah sebenernya. Ada fisilitas channel, yang bagusnya bisa di search gitu dokumen atau rekaman dari channel tersebut, satu arah tapi kalau channel. 

7. YouTube

Ini sosmed juga ga ya? Hehe. Tapi basisnya video. Akun yang punya, bisa subcribe, bisa upload video, saling komen, dll. 


***

Kalau aku lebih prefer pakai blog dan aplikasi messaging (whatsapp/line). Ga tanya ya? Tapi aku tipe yang punya banyak sosmed, ga bener-bener non aktif juga, sebagian aktif meski via app penghubung antarsosmed. Hehe.

Kalau aku sih mau nanya, ke kamu, kamu lebih prefer pakai yang mana? Dan alasannya kenapa?

***

Oh ya.. maaf kalau review-nya ga ilmiah banget hehe. Kalau mau yang ilmiah, mangga dicari di wikipedia aja hehe. Ini juga alhamdulillah akhirnya selesai^^

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya